DICKY IBROHIM
Jasa Pembuatan Website SEO Expert

11 tips aman menggunakan smartphone/iOS paling manjur!

11 tips aman menggunakan smartphone/iOS paling manjur ini bakal mencegahmu nangis!. Tips membuatmu Android/iOS milikmu lebih aman yang harus kamu tau dan lakukan sejak saat ini.


Smartphone merupakan benda yang hampir selalu ada kapanpun dan dimanapun. Ketika di kampus, di pasar, di bioskop, di kantor, dirumah, dan dimana saja.

Dari belanja baju, membeli obat, mengirim uang antar bank, hingga chatting keteman atau pasangan juga banyak dilakukan di ponsel Android/iOS mu.

Sadar atau tidak bahwa kita sering mengtikan username dan password disana. Bayangkan jika akunmu berhasil diambil alih atau bankmu berhasil dikuras karena malware yang tidak Anda sadari, pasti akan membuatmu geram.

Berikut ini 11 tips aman menggunakan smartphone/iOS!

  1. Pastikan Anda selalu memperbarui OS (Android/ iOS)mu. Ini memang akan membuat pengeluaran untuk langganan internet, tetapi Anda bisa melakukannya saat menggunakan hotspot gratis yang ada.
  2. Gunakan VPN terpercaya saat terhubung ke jaringan publik (hotspot). Sangat disarankan menggunakan VPN seperti aplikasi 1.1.1.1 di Playsore/iOS. VPN ini akan mengamankan koneksi saat berselancar di Internet. Aplikasi 1.1.1.1 kami sarankan karena saat ini tidak mengandung iklan dan dibuat oleh perusahaan yang memang kredibel dibidang keamanan.
  3. Hanya menggunakan aplikasi dari marketplace resmi (Playstore/Appstore). Aplikasi di marketplace resmi sebelum rilis ke publik biasanya akan melalui review dan memenuhi syarat. Salah satu syarat mempublikasi aplikasi adalah memiliki kebijakan privasi yang jelas dan memenuhi standard yang diterapkan.
  4. Menggunakan browser yang melindungi Anda dari iklan popup atau push notification. Browser brave kami sarankan karena memiliki perfoma yang handal dan berkomitmen melindungi privasi Anda lebih baik dari browser pada umumnya.
  5. Menggunakan Password Manager. Ini memungkinkan Anda masuk lebih cepat dengan menyimpan username dan password dilayanan password manager. Hal ini juga mencegah anda menyimpan password langsung ingatan browser. kami menyarankan Anda menggunakan password manager dari Google “Google Password manager” atau dari Kaspersky (berbayar).
  6. Memasang perangkat anti malware (Malwarebytes, kaspersky, atau yang lain). Secara pribadi Admin menyarankan kaspersky berbayar untuk mengamankan smartphone Anda dari ancaman kedepan).
  7. Jangan mengisi baterai dengan mencolokan kabel data ke laptop karena ketika terjadi serangan ke laptop (Smartphone Anda mungkin ikut terinfeksi karena terhubung langsung). Saran: Gunakan charger semestinya.
  8. Matikan internet saat tidak Anda gunakan. Sebagian serangan dapat menyebar dalam 1 jaringan. Anda mungkin Aman saat ini, namun belum tentu orang disebelah Anda yang teledor. Mereka dapat menularkan serangan di jaringan yang sama mereka gunakan.
  9. Berikan kata sandi pada Smartphone/iPhonemu agar orang lain tidak dengan mudah membuka ponselmu.
  10. Buatlah password yang kuat disetiap akun (terdiri dari simbol, huruf besar, huruf kecil, minimal 15 karakter).
  11. Hubungkan semua akun media sosialmu dengan nomor HP yang aktif dan email aktif karena jika ada kendala biasanya 2 ini diperlukan untuk memulihkannya.

Sekian 11 tips dari CLEOVA agar ponsel engan OS Android/ iOSmu lebih aman. Mencegah lebih baik.