DICKY IBROHIM
Jasa Pembuatan Website SEO Expert

Alasan tidak menggunakan tema atau plugin nulled

Apakah semua tema dan plugin nulled itu ilegal?. Anda akan mendapatkan jawaban disini

Alasan tidak menggunakan tema atau plugin nulled

Apakah semua tema dan plugin nulled itu ilegal?. Anda akan mendapatkan jawaban disini secara lebih detail.

Manusia memang lebih suka mengeluarkan lebih sedikit uang untuk sesuatu yang kita perlukan. Misalkan seorang artis ingin membeli sebuah laptop untuk mengedit video yang akan mereka upload di youtube. Tak sedikit artis tetap mencari laptop dengan harga diskon sesuai selera mereka dan itu tidak salah, manusiawi.

Terkadang tema atau plugin khususnya wordpress yang di labeli nulled tidak melanggar hukum atau dengan kata lain tidak ilegal tidak seperti ketika musik premium atau movieyang di sebarkan gratis (bajakan) yang sejatinya memang berlisensi (copyrighted).

Kok bisa tema atau plugin nulled tidak melanggar hukum?

Tentu bisa. Selain copyright ada lisensi lain juga yang di sebut open source (sumber terbuka gratis). Kita bisa download gratis, memodifikasi dan sebagainya tanpa biaya. Lisensi kebanyakan tema dan plugin adalah GNU General Public License (GNU GPL atau GPL) . Detailnya bisa anda baca di: WIKIPEDIA GNU

GPL banyak digunakan sebagai lisensi perangkat lunak bebas, yang menjamin pengguna akhir kebebasan untuk menjalankan, berbagi, mempelajari, dan memodifikasi perangkat lunak. Anda hanya perlu tau aturannya dan tentu boleh mendistribiskannya sesuai kebijakan lisensi tersebut.

Plugin atau tema untuk masuk ke freemium repositori WordPress haruslah sesuai dengan lisensi GPL. Untuk plugin premium tidak diwajibkan mengikuti itu. Contoh plugin premium seperti  GravityForms dan WPRocket berlisensi GPL.

Meski demikian WordPress adalah platform  banyak penggunanya dan GPL adalah salah satu kenapa wordpress banyak diminati dan hebat bagi banyak orang.

Perlu diketahui, Plugin atau Tema nulled tidak semua berasal dari yang 100% berlisensi GPL, dan terkadang ada yang campuran (mungkin saja beberapa berhak cipta di dalamnya) dan ini tidak etis digunakan.

Berikut ini alasan kenapa anda harus meninggalkan nulled bahkan jika itu legal

Plugin atau tema nulled rawan kode jahat (Malware jenis Adware)

Ketika ada banyak sekali pilihan gratis tanpa biaya dibadingkan yang berbayar, tentu yang berbayar lebih unggul meskipun terlihat sama saat itu. Jika anda adalah orang biasa yang tidak belajar koding sama sekali atau mengerti tapi tidak begitu dalam, anda mungkin tidak sadar tema atau plugin yang anda gunakan mengandung kode jahat yang dapat merugikan anda kedepan.

Misal: Malware di tanam dalam plugin atau tema tersebut, namun berdasarkan pengamatan, banyak kasus yang terjadi adalah malware jenis adware yaitu malware yang memunculkan iklan di situs anda tanpa izin secara sadar dari pemilik. kadang mereka pengguna nulled plugin atau tema tidak sadar dan baru sadar beberapa hari kemudian karena pengunjung yang merosot atau komplain pengunjung akan iklan berbahaya atau super mengganggu.

Jika itu blog biasa mungkin sebatas itu yang banyak terjadi, berbeda lagi jika itu toko online atau marketplace yang disana banyak mengandung transaksi keuangan dan data pelanggan, ini menjadi masalah serius.

Plugin atau tema nulled tidak mendapatkan dukungan developer

Anda mendapatkannya jauh lebih murah dari aslinya bahkan gratis, maka jangan harap mereka yang susah payah membuat dan bermimpi menghasilkan uang membantu anda jika menemukan masalah disana. Ini adalah kelemahan paling mencolok khususnya plugin dan tema wordpress. Anda harus memperbaiki kesalahan atau celah apapun mandiri dan terkadang anda lebih lama mengerjakannya

Plugin atau tema nulled tidak mendapatkan update gratis

Biasanya plugin dan tema premium memiliki fitur update otomatis dan gratis. untuk mendapatkan itu maka perlu tau lisensi pembelian. Jika anda tidak memiliki lisensi itu, mungkin anda tidak mendapatkan pembaruan secara gratis apalagi otomatis. Karena alasan inilah plugin atau tema premium lebih unggul karena setiap versi mungkin ditemukan celah berbahaya atau kode yang usang.

Plugin atau tema nulled tidak mendukung pengembang

Pengembang terkadang mengembangkan plugin dan tema untuk mencari uang dan melanjutkan projek mereka, jika pengguna tema atau plugin nulled meningkat lebih besar bahkan mendominasi, maka mungkin pengembangan plugin atau tema terkait akan di hentikan karena tidak lagi menguntungkan.

Tetapi itu bukan 100% salah pengguna nulled, sebab banyak sekali kebijakan pengembalian dana yang hanya dilakukan jika plugin atau tema mengalami kesalahan teknis sehingga jika ternyata tidak sesuai harapan pembeli maka akan kecewa. Ini alasan mengapa developer harus menyediakan trial atau versi gratis lalu memberikan alokasi waktu kebijakan pengembalian uang tanpa syarat.

Plugin atau tema nulled tidak menyediakan jalan mudah

Banyak plugin atau tema harus di konfigurasi jika sudah memasukan lisensi dan valid. Misalkan one touch demo (1x klik untuk  membuat sama persis dengan demo yang ditawarkan) banyak di non aktifkan secara default. Mungkin benar anda mendapatkan versi premium tetapi untuk membangun tampilannya anda harus membangun dari 0 kecuali yang tidak menerapkan bagian ini.

Plugin atau tema nulled tidak semuanya bersih dari pelanggaran hukum

Kadang kita juga menemukan nulled dari plugin atau tema copyrighted. Ini akan membawa masalah karena melanggar hukum. Terkadang anda akan terkena DMCA dimana mengakibatkan bagian terkait dilarang terbaca di penelusuran.

Penggunaan tema atau plugin nulled atau lisensi premium adalah pilihan

Ingat!, tidak semua nulled yang tersebar saat ini dalam kontek yang dimaksud penulis adalah melanggar hukum. Banyak sekali yang di sebar tidak melanggar hukum bahkan kodenya benar-benar bersih dari kode jahat karena didapat dari sumber aslinya langsung, namun ini adalah 2 jalan pilihan anda. Anda sekarang tau risikonya dan dampaknya menggunakan tema atau plugin premium gratis (nulled) yang sebenarnya di rilis pertama untuk di jual.

Untuk pengembang, jika anda sudah memutuskan plugin atau tema anda di bawah lisensi yang mengizinkan penggunaan , distribusi, dan modifikasi ulang, atau menempatkan plugin atau tema di marketplace yang mengaruskan lisensi berubah menjadi demikian, ini tidak serta merta merugikan anda tetapi juga tetap menguntungkan dimana tema atau plugin anda semakin populer dan terkadang jika memang benar-benar bermanfaat, tentu tidak sedikit dari mereka (pengguna) akan merasa perlu membayarnya. Selain itu, buatlah kebijakan pengembalian dana dan uji coba yang baik agar pengguna tidak melirik yang nulled.

Pertanyaan Copyleft bisa anda baca di situs ini:

Top 10 GPL License Questions Answered: HERE

100%
Tentu

Apakah artikel ini bermanfaat?

Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda?, jika Ya, berilah penilaian untuk artikel ini

  • Bertambah pengetahuan

Leave A Reply

Your email address will not be published.