DICKY IBROHIM
Jasa Pembuatan Website SEO Expert

Cara menghapus situs AMP di Google Search Engine

Cara Hapus konten dan web AMP di Search Engine Google

Topik: Cara menghapus situs AMP di Google Search Engine

Kenapa Konten web AMP lebih unggul?

AMP (Accelerated Mobile Pages) adalah cara mengoptimalkan halaman situs untuk mempercepat akses ketika situs di buka menggunakan search engine Google di perangkat mobile portable.

Situs AMP/ Web AMP dapat dikenali dengan adanya tanda petir dalam lingkaran di hasil pencarian mobile dan tablet. Sedangkan pada hasil pencarian pengguna desktop, versi situs AMP tampil seperti situs pada umumnya.

Cara menghapus Situs AMP, Cara menghapus web AMP, Cara menghapus Konten AMP
Ilustrasi Icon penanda Situs AMP/ Konten AMP

Situs atau web AMP memiliki prioritas pada search engine Google yang di akses via perangkat mobile (Smartphone, iPhone, Tablet, dll). Situs AMP pada prakteknya jika di atur dengan tepat, maka sangat mendukung tulisan pada situs anda muncul di halaman depan ketika query di ketikan seseorang.

Berpikir 2x untuk menghapus situs AMP atau konten AMP anda!

Google telah menggandakan Accelerated Mobile Pages (AMP), mendorong pemilik situs di setiap bisnis vertikal untuk mengubah situs mereka untuk mendukung spesifikasi. Google mengutip beberapa studi kasus yang menyorot penerbit yang telah melihat peningkatan signifikan dalam trafik dan konversi dengan adopsi AMP. Di dunia baru seluler Google yang baru, merek harus mempertimbangkan apakah mengadopsi AMP adalah strategi jangka panjang yang cerdas.

Google secara resmi telah menjelaskan bagaimana menghapus situs AMP atau konten AMP dari pencarian Google

Jika Anda benar-benar ingin membuat situs anda berhenti mendukung AMP dan tidak lagi di index di Google search engine sebagai konten atau situs yang dioptimalkan dengan AMP, berikut cara melakukannya.

Metode 1: menghapus situs AMP dari Google Search Engine

Gunakan metode ini untuk menghapus halaman AMP Anda dari Google Search tanpa menampilkan error kepada pengguna

  • Temukan dan hapus tautan rel=”amphtml” dari canonical page di source code.
  • Konfigurasikan server Anda untuk mengembalikan HTTP 301 Dipindahkan Secara Permanen atau 302 Respons yang ditemukan untuk halaman AMP yang dihapus.
  • Konfigurasikan pengalihan dari halaman AMP yang dihapus ke canonical page.
  • Verifikasi penghapusan halaman AMP Anda dengan mencari konten Anda menggunakan Pencarian Google. Untuk memverifikasi penghapusan sejumlah besar halaman AMP, gunakan Accelerated Mobile Page (AMP) report.

Metode 2: Menghapus situs AMP dari Google Search dan platform non-Google

Gunakan metode ini untuk menghapus halaman AMP Anda dari Google Search dan Google AMP Cache sambil menjaga permalink ke halaman yang dihapus.

Saya rekomendasikan untuk anda bila benar-benar ingin menghapus AMP konten di Google Serach Engine

  1. Hapus link rel="amphtml" dari canonical page’s HTML source.
  2. Tambah ‘noindex’ header ataunoindex meta tag untuk mencegah Googlebot merayapi halaman AMP Anda. Jika anda menggunakan WordPress dan ingin menghapus situs AMP anda dan tidak lagi di index di google, anda bisa menggunakan Fitur “Settings –> Reading –> Cek lish Halangi penelusuran –> Simpan. Lalu perbarui Robot Txt pada Google Web Master (Crawl –> Robot txt tester –>  Submit
  3. Kirim peta situs yang diperbarui melalui Google Search Console atau menggunakan Webmaster Tools API yang mengecualikan halaman AMP Anda.
  4. Verifikasi penghapusan halaman AMP Anda dengan mencari konten Anda menggunakan Google Search. Untuk memverifikasi penghapusan sejumlah besar halaman AMP, gunakan Search Console AMP report.
  5. Hapus halaman AMP Anda sehingga tidak lagi dapat diakses.
  6. Konfigurasikan server Anda untuk mengirim HTTP 404 Tidak Ditemukan untuk halaman AMP Anda yang dihapus Google user-agents, seperti Googlebot. Ini akan memastikan bahwa Google AMP Cache tidak menyajikan konten usang ke platform lain.
  7. Jika Anda ingin menjaga permalink tetap aktif, konfigurasikan server Anda untuk mengirim Pengalihan 301 HTTP untuk halaman AMP Anda yang dihapus ke halaman kanonis Anda.

Metode 3 untuk menghapus situs AMP dari Google: Berhenti melayani AMP dari Google Search secepat mungkin

Perhatian: Metode ini menampilkan pesan kesalahan kepada pengguna. Hanya gunakan metode ini untuk menghapus halaman AMP Anda secepat mungkin dari Google Search.

Catatan: Saat Anda menghapus halaman AMP, ada penundaan sebelum Googlebot mengetahui bahwa itu telah dihapus. Google Search menampilkan kesalahan kepada pengguna selama waktu ini. Kami tidak menyarankan metode ini.

  1. Hapus halaman AMP dari server Anda.
  2. Pastikan server Anda mengembalikan respons HTTP 404 Not Found untuk halaman yang dihapus.
  3. Hapus tautan rel=”amphtml” dari sumber HTML laman kanonis untuk setiap halaman AMP yang Anda hapus pada langkah 1.
  4. Minta Google untuk merayapi laman kanonis.
  5. Ulangi langkah 1-4 untuk setiap halaman AMP yang ingin Anda hapus.

Setelah melakukan salah satu metode dengan sempurna, silahkan tunggu 2-5 hari atau tergantung Google memperbarui hasil pencarian google dan melihat situs anda tidak lagi di index. Sekian artikel berjudul “Cara menghapus situs AMP atau konten AMP di Google Search Engine“, semoga bermanfaat.

Source Google AMP Support

Leave A Reply

Your email address will not be published.