DICKY IBROHIM
Jasa Pembuatan Website SEO Expert

Cara melacak Smartphone yang dicuri terbaru

Cara melacak HP Smartphone yang dicuri dengan lebih mudah dan akurat

Cara melacak Smartphone yang dicuri dengan lebih mudah terbaru saat ini. Ketika Smartphone anda dicuri, tentu anda akan merasa kuatir dan panik. Oleh sebab itu, sebelum itu terjadi, alangkah baiknya anda melakukan ini:

  1. Aktifkan kata sandi, pemindaian wajah, atau pola yang sulit ditebak saat membuka smartphone dan jangan beritahukan kesiapapun
  2. Masuk ke email Gmail anda di aplikasi bawaan Smartphone. Ini akan memudahkan anda melacaknya nanti.
  3. Catat IMEI yang ada di kardus smartphone atau anda bisa cek dengan aplikasi bantu. IMEI adalah singkatan dari Mobile Equipment Identity, sekumpulan angka unik di Smartphone anda.

Cara pertama, Cara melacak HP Smartphone yang dicuri adalah dengan menggunakan Aplikasi bantu di Smartphone lain.

  • Di setiap smartphone pasti terinstal atau terpasang aplikasi GMAIL karena bawaan dari android. Pastikan anda tidak melupakan email dan password yang anda gunakan untuk masuk email tersebut.
  • Download aplikasi dari Google bernama: “Google Temukan Perangkat Saya
  • Silahkan download dan instal dari Playstore.
  • Lalu masuk sebagai tamu di aplikasi tersebut.
  • Gunakan email dan password yang sama dengan email yang terpasang di HP Smartphone yang hilang.
  • Jika Smartphone pada posisi online atau terhubung ke Internet dan GPS aktif, maka bisa melacaknya (posisi saat itu secara realtime). Tetapi jika Smartphone yang dicuri di matikan, maka aplikasi ini tidak bisa membantu anda.

Faktanya, banyak kasus orang mencuri Smartphone akan mematikan barang curiannya. Jadi, cara diatas sangat cocok anda lakukan ketika baru saja menyadari Smartphone anda hilang atau dicuri. Anda bisa mengunci layar dan mengirim pesan, anda juga bisa membunyikan Smartphone, anda bisa menghapus semua data di smartphone tersebut.

Cara melacak Smartphone dicuri
Cara melacak Smartphone dicuri
Cara melacak Smartphone hilang
Cara melacak Smartphone hilang

Cara kedua, Cara melacak HP Smartphone yang dicuri dengan internet

  • Untuk Smartphone, Kunjungi www.google.com/android/find
  • Untuk iPhone, Kunjungi: www.icloud.com/#find
  • Jika Smartphone pada posisi online atau terhubung ke Internet dan GPS aktif, maka bisa melacaknya (posisi saat itu secara realtime). Tetapi jika Smartphone yang dicuri di matikan, maka aplikasi ini tidak bisa membantu anda.

Faktanya, banyak kasus orang mencuri Smartphone akan mematikan barang curiannya. Jadi, cara diatas sangat cocok anda lakukan ketika baru saja menyadari Smartphone anda hilang atau dicuri.

Cara ketiga bila Smartphone kita dicuri, kita bisa melacaknya dengan bantuan kartu SIM atau nomor HP yang anda gunakan.

  • Umumkan Merk, Ciri-ciri Smartphone, lokasi kehilangan, ciri-ciri pelaku jika mengetahui ke group-group yang biasa dijadikan jual beli barang bekas (Group facebook jual beli dan kota terkait)
  • Ketika anda memastikan Smartphone anda hilang, langkah yang harus anda perhatikan adalah segera ke tempat Customer Service kartu terdekat dengan membawa (Kardus kartu nomor HP anda jika ada, mengingat 5 nomor HP yang sering anda hubungi, mengingat nominal isi ulang terakhir, membawa KTP).
  • Jika anda ingin meminta tolong layanan pelanggan disana, bawalah kardus Smartphone atau catat saja IMEI Smartphone yang hilang untuk jaga-jaga.
  • Provider nomor HP dapat membantu melacak lokasi smartphone jika kartu nomor HP masih terpasang, Smartphone dalam keadaan hidup, dan GPRS aktif.
  • Jika mereka bersedia, tentu mereka dapat melacak keberadaan smartphone yang hilang. Cara ini mungkin mengeluarkan biaya tidak sedikit (tanyakan terlebih dulu segera setelah anda sadar Smartphone hilang).
  • Jika cara di atas gagal, mintalah Kartu SIM nomor HP yang baru dan menonaktifkan kartu HP yang lama agar tidak disalah gunakan. Anda akan tetap memiliki nomor lama dengan kartu SIM baru.

Cara ke empat melacak Smartphone hilang atau dicuri dengan menggunakan IMEI ke pihak berwajib

  • IMEI bersifat unik dan tidak berganti. Meskipun tidak terkoneksi ke Internet, kartu Nomor HP di ganti, di Flash, atau di reset ke pengaturan pabrik, maka IMEI akan tetap sama.
  • Cara ini sedikit sulit dilakukan sendiri, namun pihak-pihak seperti Kepolisian Resor Kota Besar terdekat mungkin bisa membantu jika mereka telah bekerja sama dengan provider-provider terkait.
  • Anda mungkin perlu biaya yang cukup besar untuk membayar tenaga serta apapun kebutuhan terkait.

Cara kelima melacak smartphone hilang adalah dengan menghubungi gerai penjualan resmi untuk blokir ponsel dengan mengetahui IMEI

  • IMEI adalah unik. Anda dapat segera ke gerai resmi penjualan Smartphone terkait untuk meminta bantuan agar Smartphone terkait diblokir. Anda harus membawa Kardus pembelian dan bukti kepemilikan. Catatan: Sayangnya, tidak serta merta anda akan di bantu (dan mungkin saja mereka menolak membantu anda).

Tips terakhir kami bila semua tidak membuahkan hasil,

  1. Segera ke customer services kartu perdana yang anda gunakan dan meminta agar Kartu nomor HP yang hilang untuk diganti dengan yang baru dengan menonaktifkan kartu nomor HP lama agar tidak disalahgunakan. Segera ke tempat Customer Service kartu terdekat dengan membawa (Kardus kartu nomor HP jika ada, mengingat 5 nomor HP yang sering anda hubungi, mengingat nominal isi ulang terakhir, membawa KTP).
  2. Lakukan penggantian password akun GMAIL dan keluarkan akun saat ini (ini menyebabkan anda tidak  bisa melacak dengan cara pertama dan kedua, namun menyelamatkan akun GMAIL anda). Biasanya, email terkait ke semua akun penting seperti akun pendidikan, bank, dll. Jika anda kehilangan email, maka akan berbahaya pada akun digital anda.
  3.  Jika Nomor HP belum sempat anda nonaktifkan (mungkin karena tengah malam atau alasan lain), maka ubahlah password Email dan keluarkan dari akun email sekarang. Download ulang aplikasi keuangan yang anda gunakan di Smartphone keluarga anda atau terpercaya, misal (OVO, Genius, Go-PAY, Link Aja, Internet banking, dan aplikasi penting lainnya), lalu ubah password dan nomor HP sementara agar tidak dapat di reset pencuri dengan nomor HP lama yang sedang di ambil alih penuh.
  4. Iklaskan.