DICKY IBROHIM
Jasa Pembuatan Website SEO Expert

Facebook rentan malware. Ini faktanya

Facebook rentan malware apakah benar?

Facebook rentan malware. Ini faktanya [ Malware facebook ]

Admin kemarin kena tag seseorang yang terkena malware. Cara kerjanya sama dengan malware yang beberapa tahun lalu sempat populer di berita.

Lihat lah ini:

Korban yang klik link jebakan maka akun mereka melakukan tag ke teman-teman facebook mereka sendiri sehingga teman-teman korbanpun ikut terkena dan terinfeksi malware berantai ini.

Menyebalkannya lagi, posting berbau dewasa yang tidak baik. Ini ada akun yang berteman dengan akun Admin dan TAG admin ke pos yang di jadikan perangkap.

Malware facebook

Seperti apa sih sebakannya?.

Silahkan lihat ini:

Malware facebook, 2

Nah, kalau laki-laki biasanya tertarik klik πŸ™ , tapi admin tidak πŸ™‚

Jika anda melihat postingan seperti ini, jangan klik link tersebut. Jika anda klik, dan posisi sedang login ke facebook, maka akun facebook anda dapat terinfeksi dan ikut menandai teman-teman FB anda otomatis bahkan terkadang share status ke group/ profile tentang konten tersebut. Malu dong jika akun anda tiba-tiba membagikan konten dewasa ke istri atau atasan anda yang terhubung di facebook.

Karena link diatas menggubakan shortlink bit.ly, anda tinggal klik kanan –> Copy link –> Keluar dari akun facebook anda dan bersihkan history + cache.

Setelah bersih dan tidak dalam keadaan login facebook, ketikan di address bar browser dan tambahkan tanda plus “+” dibelakang link, maka akan muncul=

Malware facebook, 3

Ternyata link jebakan yang diperpendek mengarah ke halaman blogspot dan sudah mendapatkan 159 korban (yang di hitung jumlah klik link nya).

Setelah admin cek kembali, ternyata blogspot tersebut diarahkan ke situs lain, lihat ini:

Malware facebook, 4

Penasaran lagi, Adminpun mengecek situs tujuan, dan ini hasilnya:

Malware facebook, 5

Ternyata memang ada malwarenya. Ok, intinya, anda jangan mudah klik link bahkan jika mereka teman anda sendiri di Facebook. Anda bisa menggunakan jasa konsultasi IT Kami untuk mengeceknya dulu dari pada anda rugi hanya karena 1x sentuhan :p


Cara mengatasi akun facebook terkena malware [Malware facebook]

  1. Hapus history dan cache browser anda.
  2. Login dengan facebook yang terinfeksi
  3. Rubah Passwordnya dengan kombinasi simbol, misal *akuCINTA#. Rubah password bisa ke link ini (Pengaturan –> Keamanan dan info login)
  4. Masuk ke pengaturan => Aplikasi dan situs web => Hilangkan izin aplikasi yang tidak anda gunakan
  5. Masuk ke segitiga di pojok kanan atas (versi laptop) –> Log aktifitas => Hapus semua status atau komentar yang dihasilkan oleh malware di akunmu.
  6. Jangan ulangi lagi kesalahan yang sama, karena anda bukan keledai.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.