DICKY IBROHIM
Jasa Pembuatan Website SEO Expert

Hosting gratis berkualitas

Hosting gratis biasanya sangat menguntungkan bagi pemula atau mereka dengan keterbatasan biaya.

Meskipun gratis, tak jarang kualitasnya tidak jauh berbeda dengan share hosting berbayar pada umumnya.

Namun perlu Anda ingat bahwa hosting gratis selalu ada batasan lebih ketat. Sebelum masuk ke daftar hosting gratis berkualitas, kita bahas dulu sedikit tentang share hosting.

Jika kamu belum paham betul apa itu hosting, maka ilustrasikan saja hosting sebagai tempat menyimpan semua file dan database website yang kamu buat. Sedangkan nama situs yang bisa anda ketik disebut domain. Contoh nyata domain adalah: cleova.com.

Share hosting (hosting berbagi) adalah satu server fisik yang ditempati banyak website sekaligus. Meskipun kebanyakan promosi diluar sana mengatakan unlimited atau tanpa batas, sebenarnya sangat terbatas. Hanya teknik marketing saja agar menarik minat.

Dalam 1 server banyak website disimpan disana, jika salah satu website sangat ramai dikunjungi, maka antrian akan memenuhi pintu masuk sehingga menjadi lambat. Anda akan terkena dampaknya. Tetapi ketika semua situs sepi, mungkin perfomanya terasa cukup cepat.

Selain itu, jika ada kerusakan, maka kita harus menunggu masalah diperbaiki. Tidak seperti cloud hosting (beda bahasan).

Istilah yang harus kita tau adalah inodes. Inode adalah struktur data yang berisi informasi objek . Contoh informasi objek file atau folder.

Biasanya, share hosting yang disewakan di Indonesia memiliki batasan yang ketat juga meski saat promo mengatakan unlimited.

Contoh kasus yang membingungkan tentang share hosting untuk pemula

Contoh kasus: Daya tampung berkas tidak dibatasi, tetapi inode terbatas.

Katakanlah disk space (ruang simpan) anda memang tidak dibatasi (unlimited), namun inode hanya 7500. Artinya, saat jumlah berkas baik file atau folder mencapai 7500 maka tidak lagi dapat menambahnya).

Contoh kasus lainnya: Daya tampung dibatasi, inode tidak terbatas.

Seandainya Anda menyewa share hosting 1GB dan inode tidak dibatasi, maka ketika seluruh berkas mencapai total 1GB, maka penuh dan tidak dapat ditambah.

Contoh kasus: Kasus paling sering terjadi yang lalu-lalu yakni inode tidak ditampilkan di daftar isi namun di TOS. Padahal, kebanyakan orang indonesia juga kadang malas membaca TOS dan asal setuju.

Contoh kasus: Ruang simpan cukup besar, inode cukup besar, namun spesifikasi lain seperti CPU, I/O, EP, IOPS, dan lainnya sangat kecil sehingga membuat sering down. Istilah-istilah ini dapat Anda cari di Google secara mandiri.

Secara garis besar, share hosting tidak cocok untuk web dengan trafik tinggi atau penggunaan sumber daya besar.

Ok!, sekarang sudah mulai paham dan mengerti bukan?. Jadi jangan banyak mengeluh nantinya. Mari masuk ke daftar share hosting gratis berkualitas. Meskipun gratis, tidak semuanya lebih buruk dari yang berbayar, jadi untuk Anda yang baru saja memulai untuk belajar, ini dapat dicoba:

Infinityfree

Layanan hosting gratis paling nyaman diantara lainnya menurut Admin.

  1. Di Infinityfree, kamu mendapatkan ruang simpan tidak terbatas dan bandwidth tak terbatas juga
  2. Untuk database, Anda mendapatkan maksimal 400MB MySQL. Cukup untuk belajar situs yang tidak terlalu kompleks.
  3. Kita juga mendapatkan akses FTP, control panel, dan dapat menghubungkannya ke domain berbayar. Untuk SSL gratis, Anda harus menyediakan domain top level (TLD) seperti .com, .co, dan lainnya.
  4. Untuk kecepatannya tidak terlalu lambat dan tidak terlalu cepat. Rata-rata share hosting.

Byet.host

  1. Hosting gratis ini menawarkan 5GB ruang simpan (cukup besar untuk belajar),
  2. Menawarkan akun FTP
  3. Control panel,
  4. Unlimited add on domain, park domain
  5. Server kluster dan tidak ada iklan
  6. Kita juga dapat menghubungkan ke Cloudflare dengan syarat menghubungkan ke domain

Cukup nyaman digunakan, silahkan Anda coba.

000Webhost

  1. Memiliki 1 GB ruang simpan gratis
  2. Mengizinkan 1 domain
  3. Bandwidth 10GB perbulan, tanpa email akun
  4. Mengizinkan 1 akun FTP dan 1 database MySQL

Ketika menggunakan pertama kali hosting gratis ini memang cukup mudah, sayangnya admin mencoba untuk import demo beberapa yang disediakan 1 bundle dengan themes wordpress selalu rusak (kembali seperti baru menginstall WordPress). Ini mungkin karena batasan yang ada.

Bagaimana?, siap mencoba share hosting gratis diatas?. Setiap pengguna mungkin mendapatkan pengalaman berbeda-beda, namun artikel ini cukup memberikan gambaran untuk Anda memilih hosting gratis berkualitas.

Gak mau repot?, Gunakan jasa website kami sudah termasuk keamanan dan perawatan. Mantap lagi selalu up to date, SEO, full support!: CLEOVA (Klik)