Jualan Offline Kamu Belum Untung Besar? Pakai Domain Marketing Saja

Sebagian besar bisnis dari skala kecil sampai menengah, baik-baik saja menggunakan satu buah domain. Perusahaan besar umumnya bisa mendapatkan keuntungan dengan melakukan registrasi beberapa nama domain sekaligus. Menggunakan lebih dari satu nama domain dapat menyediakan informasi yang bersifat marketing dan lebih sering didengar konsumen.

Cara tersebut sangat membantu perusahaan dalam mendapatkan konsumen dan memenuhi target yang diinginkan setiap tahunnya. Nama domain yang dipakai sebaiknya yang bersifat serba guna atau bisa disesuaikan dengan keperluan target perusahaan. Apabila kamu ingin menggunakan strategi ini untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan, perlu baca ini.

Beberapa Strategi Nama Domain Marketing

Kamu dapat menerapkan berbagai macam strategi cek nama domain untuk meningkatkan popularitas website. Seluruh caranya dapat kamu lihat berikut.

  • Sesuaikan Nama Domain dengan Target Audiens

Perusahaan tempat kamu bekerja sudah memiliki target sendiri dan sekarang perusahaan tersebut ingin mencari target dari kalangan yang berbeda (bisa berdasarkan usia, tingkat perekonomian, dan lain-lain). Memajang iklan dan review produk maupun jasa yang memiliki target berbeda perlu tempat yang berbeda.

Sangat disarankan untuk tidak menggunakan nama domain yang sama, sehingga perlu dibuatkan produk dengan nama domain baru. Setelah membuat nama domain baru, maka perlu menggunakan tampilan dengan desain yang berbeda. Desain tersebut harus sesuai dengan audiens yang menjadi target.

Bisa menambahkan berbagai macam giveaway, special event, loyalty program, dan lain sebagainya untuk bisa lebih menarik perhatian audiens yang baru. Pastikan terdapat sensasi atau suasana yang berbeda dari website perusahaan yang sebelumnya.

  • Cantumkan Produk atau Layanan yang Spesifik

Strategi digital marketing yang lain adalah berikan pencitraan dengan menggunakan brand pada suatu produk maupun layanan yang spesifik. Pakai brand tersebut ke dalam nama domain juga. Istilah dari website tersebut dinamakan dedicated website. Ada banyak sekali jenis website yang bisa menjadi contoh nyata, sehingga mudah bagi kamu untuk mengerti.

Misalkan saja nama domain berupa dietcoke.com, minutemaid.com, dan Dasani.com. Di dalam seluruh website dengan nama domain tersebut menjual produk yang spesifik. Jadi dalam website dietcoke.com tidak terdapat produk yang sifatnya dapat memicu obesitas, karena itu cocok untuk orang doyan coke yang ingin langsing atau sedang berdiet.

Perlu mencantumkan produk maupun layanan lengkap dengan gambar berkualitas, nama produk, dan deskripsi produk secara sepintas pada halaman utamanya. Cara ini dapat diterapkan pada semua bidang penjualan sampai dengan properti dan website residential.

  • Arahkan Nama Domain ke Media Sosial dan Komunitas

Sebagian besar bisnis dibangun melalui suatu komunitas yang ada di media sosial. Secara tidak langsung anggota yang aktif dalam suatu komunitas dapat membantu bisnis berkembang dengan lebih cepat dalam menyebarkan brand link. Bahkan, suatu komunitas dapat juga menyebarkan informasi yang mereka sukai atau penting kepada pihak teman atau keluarga mereka.

Untuk bisa menggiring konsumen yang tertarik terhadap suatu produk langsung menuju ke website-nya, maka perlu menggunakan nama domain berupa istilah yang menarik bagi suatu komunitas. Kamu tidak perlu menggunakan nama domain yang panjang untuk bisa lebih diingat oleh orang yang berada dalam komunitas.

  • Gunakan SEO untuk Nama Domain

Suatu mesin pencarian akan menelusuri website berdasarkan nama domain juga. Ini perlu kemampuan SEO yang gampang-gampang susah. Menggunakan keyword sebagai nama domain juga bisa dilakukan, sehingga website bisnis memiliki kemungkinan masuk dalam daftar 10 top.

Menggunakan analisa SEO yang tepat pada sebuah nama domain, dapat mengantarkan websitenya memiliki ranking tinggi di mesin penelusuran hanya dalam satu tahun. Menggunakan nama domain berdasarkan SEO akan memudahkan website menggapai rangking tinggi dalam pencarian yang dilakukan oleh browser.

Bagaimana Cara Pesan Domain?

Sebelum kamu mulai mencari nama domain marketing yang sesuai dengan website, perlu mencari tahu tentang provider hosting dan domain mana yang sekiranya memberikan pelayanan yang baik. Apalagi sekarang ada banyak pilihan mengenai provider di luar sana, tetapi belum diketahui mengenai kualitas performanya.

Jika kamu berminat menggunakan provider hosting dan domain dengan performa baik, maka kamu bisa berlangganan di DomaiNesia. Tersedia ekstensi domain yang sangat lengkap, sehingga kamu bisa pilih sesuai keperluan dan jenis produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Contoh ekstensi domain yang populer dipesan klien adalah .com, .net, .org, .website, .site, .tech, .store, dan .online. Namun, kamu yang berminat menggunakan ekstensi domain lainnya yang belum disebutkan tetap dapat direalisasikan dengan berlangganan di DomaiNesia. Kamu perlu mengetahui bahwa setiap ekstensi domain ditawarkan dengan harga yang berbeda-beda. Domain dengan harga paling rendah dapat kamu bandrol dengan harga Rp 11.000. Sangat murah bukan dibandingkan dengan uang jajan mahasiswa harian. Sedangkan kamu yang berminat mengunggulkan tingkat prestige suatu website dapat berlangganan ekstensi domain dengan harga tinggi Rp 169.000 – Rp 1 jutaan. Contoh domain prestige adalah .tv dan .io.