DICKY IBROHIM
Jasa Pembuatan Website SEO Expert

Penyebab website tidak tampil ketika diakses dari Google dan Bing

Salam semua, kali ini kita akan mencari tau apa penyebab website tidak dapat tampil ketika diakses dari Google dan Bing padahal sudah melakukan optimasi SEO dan segala macam.

Kebijakan Safe search

Negara kita tercinta ini mewajibkan mesin penelusuran seperti Google dan Bing mengaktifkan pencarian aman (safe search).

Apa itu safe search?

Pencarian yang melakukan filter konten eksplisit baik pencarian video, gambar, web. Akibatnya ketika Anda mengetik query/ keyphrase berbau konten dewasa, kekerasan, atau yang dianggap eksplisit maka tidak ditampilkan.

Konten eksplisit adalah konten yang gamblang, tidak tersembunyi, dan tidak bertele-tele. Misal Anda mengakses k*nten dewasa, maka tidak akan tampil yang Anda cari.

Contoh perbedaan saat menggunakan safesearch atau tidak:

Ketika Anda menggunakan VPN, Anda dapat membuka mode penyamaran dan mengetikan alamat situs konten v_ul_g_a_r. Namun situs terkait tidak tampil ketika Anda buka di Google tanpa VPN di penelusuran biasa dimana safe search aktif.

Khusus di Indonesia, Anda tidak dapat menonaktifkan ini karena kebijakan negara.

Safe search pada Bing

Jika anda mengetikan query yang masuk dalam konten eksplisit, maka akan tampil seperti berikut:

Penyebab website tidak ada di Google, Penyebab website tidak ada di bing, Penyebab website tidak tampil ketika diases dari  Indonesia, situs dicekal safe search

Safe search pada Google

Safe search di Google terlihat dibagian ini jika diakses dari desktop

Penyebab website tidak ada di Google, Penyebab website tidak ada di bing, Penyebab website tidak tampil ketika diases dari  Indonesia, situs dicekal safe search

Nah, sekarang kita jadi tau bahwa ketika membuat website jangan sampai kala-kata yang dianggap eksplisit masuk ke website kita apa lagi menjadi domain yang kita sewa jika targetnya negara yang mewajibkan safe search aktif seperti di Indonesia.


Dilarang Index/penemuan di mesin pencarian

Ada alasan lain ketapa situs kita tidak terbaca di pencarian. Misal kita menggunakan WordPress, lalu dibagian Pengaturan => membaca => dan mencentang Halangi mesin pencari untuk mengindeks situs ini

Penampakan pada Mesin Pencari, no Index

Pengaturan diatas jika di ceklist, maka situs tidak akan dibaca Google keseluruhan.

Robot.txt mencekal dari pencarian

Contoh pengaturan robot.txt melarang semua halaman dibaca dan indeks mesin pencarian:

noindex robot.txt

Jika pengaturan seperti diatas, Anda akan menemui masalah.

Situs di anggap berbahaya oleh mesin pencarian

Situs yang terdeteksi mengandung unsur pelanggaran dan tidak aman (misal terinfeski malware) maka akan mengakibarkan situs Anda dicekal dan lambat laun hilang dari mesin pencarian.

Salah satu penyebab situs terkena malware biasanya karena menggunakan tema/plugin (bagi WordPress) nulled, bajakan, dari jasa setup tidak terpercaya, dari download gratis diluar situs resmi, penjualan harga miring diluar situs resmi. Solusi terbaik mengatasi ini adalah menggunakan jasa pembuatan website terpercaya. Anda tidak perlu skill khusus atau tenaga ekstra, biasanya mereka memandu Anda hingga bisa. Salah satunya Adalah layanan jasa pembuatan website profesional kami (klik)

Terkena klaim atau takedown

Ketika situs Anda diduga plagiat/ melanggar hak intelektual, Anda mungkin akan mendapatkan peringatan serta waktu mengatasinya. Jika gagal maka halaman terkait akan dihapus dari pencarian permanen.

Jika take down tidak benar maka link terkait akan tetap dapat diakses dan ditemukan di search engine. Terkadang banyak kalimat umum hanya karena pelapor menulis pertama di blog kemudian mengklaimnya.

Nah, diatas sudah kita bahasa beberapa alasan situs tidak ditemukan di google atau Bing