Batasan pada hosting unlimited atau shared hosting

Salam hormat untuk Cleover. Kali ini kita akan bahas tentang batasan pada hosting unlimited. Tidak seperti namanya “unlimited” yang biasa diartikan “tanpa batas”, hosting unlimited justru memiliki batasan super ketat.

Berikut ini batasan pada hosting unlimited

Batasan berupa Inode

Inode merupakan struktur data yang mengandung informasi berupa informasi suatu objek seperti file dan folder.

Jika kita menyewa hosting unlimited atau tanpa batas yang dilengkapi control panel cPanel, maka kamu dapat melihat berapa inode yang telah digunakan di hosting dengan cara:

  1. Buka cPanel
  2. Inode counter (jika mendukung)
batasan hosting unlimited

Atau dengan cara lain (akan terlihat jika menggunakan shared hosting/ unlimited hosting):

  1. Buka cPanel
  2. Lihat bagian kanan layar (jika dibuka di komputer desktop). Kamu akan melihat bagian STATISTICS
  3. Lihat bagian File Usage atau Inodes
batasan hosting unlimited

Contoh penggunaan inode:

  1. Inode dapat bertambah lebih dari satu meski kamu hanya mengunggah 1 file gambar. Misal: Anda mengunggah 1 file gambar ukuran 1366px di media library website dengan CMS WordPress. Biasanya WordPress, plugin, atau tema yang kamu gunakan akan melakukan scalling (penyesuaian ukuran) sesuai beberapa ukuran yang diperlukan. Bisa jadi 1 file akan menghasilkan file baru hasil scalling 3-10 gambar atau lebih. Jika ini terjadi, maka inode yang digunakan dalam 1 file ini adalah file asli + hasil scalling gambar.
  2. Ketika kamu mendapatkan email masuk atau mengirim email keluar. Ini juga akan menambah 1 inode pada masing-masing aktifitas. Setiap file masuk akan menghasilkan 1 file sehingga menggunakan 1 inode. Artinya, jika Anda menerima email SPAM atau email masuk sebanyak 1000 email, maka 1000 inode akan digunakan.
  3. Anda mengunggah plugin atau ekstensi baru di Websitemu, maka setiap file dan folder yang disimpan akan dihitung sebagai penggunaan inode.
  4. Membuat database dan tabel juga akan menghasilkan file yang disimpan di hosting. File ini juga menggunakan inode yang disedikan untuk Anda.

Batasan berupa disk usage (ruang simpan)

  • Batas penggunakan berdasarkan besarnya berkas yang kamu simpan di hosting.
  • Misal: kamu mengupload gambar ukuran 8 MB, maka dis usage yang disediakan untukmu akan dikurang 8 MB. Tapi ingat, jika kamu menggunakan WordPress, maka 1 file gambar yang kamu unggah akan menghasilkan beberapa gambar lain hasil scalling. Bisa jadi menghasilkan 4-10 gambar saat kamu mengunggah 1 file gambar melalui webmu.
  • Besar total masing-masing plugin, tema, dan apapun yang disimpan di hostingmu akan mengurangi batasan disk usage yang diberikan untukmu
  • Email masuk dan keluar akan menghasilkan file di hosting, mereka juga akan dihitung
  • Banyak database dan tabel juga akan menghasilkan file di hostingmu, mereka akan dihitung berapa besar masing-masing file

Cara melihat batasan disk usage (jika hosting yang kamu sewa membatasi berdasarkan disk usage misal iGB, 10GB, 25GB, dan seterusnya):

  1. Masuk cPanel (jika menggunakan cPanel untuk kontrol panelnya)
  2. Bagian kanan layar (saat dibuka di desktop), ada bagain STATISTICS
  3. Lihat bagian disk usage

Atau cara lain untuk melihat penggunaan disk usage pada hosting unlimited,

  1. Buka cPanel
  2. Disk Usage
disk usage

Batasan berupa jumlah disk yang digunakan untuk email

Misal: Batas email masuk atau keluar adalah 100000x ataupun batasan dalam besar file untuk semua aktifitas email 10GB

Batasan berupa jumlah akun email

Contoh: Kamu hanya boleh membuat email domain maksimal 2. Email domain misalnya: support@cleova.com

Batasan bandwidth pada shared hosting

Lebar cakupan frekuensi untuk medium saat transmisi atau pertukaran data. Anggap saja seperti lebar jalan raya (semakin lebar semaki lancar dan bebas macet)

Batasan akun FTP (File Transfer Protocol)

Jika Anda menggunggah file dari lokal komputer ke hosting atau server. maka dapat mengunggah lebih nyaman dengan FTP client dan menggunakan akun FTP yang dibuat sebelumnya di hostingmu

Batasan jumlah database

Pembatasan jumlah database yang dapat kamu buat untuk menyimpan datamu

Batasan CPU Usage

Batasan CPU usage adalah batas penggunaan CPU hosting. Biasanya untuk hosting unlimited/ shared hosting menggunakan persentase. Misal: paket yang Anda gunakan hanya boleh 75% dari 1GHz. CPU digunakan digunakan untuk berpikir dan memproses (anggap seperti otak manusia). Semakin cerdas atau cepat memproses, maka perfoma akan terasa ringan dan cepat melakukan tugasnya.

Batasan Entry Processes

Suatu proses untuk melakukan eksekusi berkas atau perintah dalam cgi/php dalam 1 detik. Ini sangat penting, namun biasanya akan sangat dibatasi pada shared hosting. Tetapi karena orang awam lebih tertarik kata tanpa batas/ unlimited yang mereka pahami, ini justru diabaikan.

Batasan RAM (Physical Memory)

Ingatan sementara yang hilang ketika di hidupkan ulang. Sama seperti RAM di komputer, semakin besar RAM, maka dapat menangani lebih banyak aplikasi yang berjalan bersamaan, RAM biasanya dibatasi dalam sekian MB/ GB

Batasan IOPS

Operasi input/ output per detik. Ini menentukan kinerja ketika suatu berkas akan dimasukan atau dibaca ke disk/ harddisk/ SSD/ perangkat penyimpanan. Sangat penting diperhatikan namun faktanya orang awam tidak begitu mengerti singkatan apa ini dan apa gunanya (lagi-lagi kata unlimited membuat ini terabaikan bagi kebanyakan orang)

Batasan untuk I/O di hosting unlimited

Input/ Output. Kemampuan memasukan dan membaca. Biasanya dalam satuan MB/s. Ini juga sangat penting namun sering diabaikan karena lebih tertarik kata unlimited

Batasan Number Of Processes (NPROC)

Jumlah proses yang dapat dilakukan dalam 1 detik. Banyak orang tidak memperhatikan batasan penting ini. Terlalu kecil akan membuat kinerja tidak maksimal.

Banyak penyedia hosting (shared hosting) hanya mencantumkan keterangan unlimited yang banyak diartikan orang awam tanpa batasan, tetapi tidak mencantumkan batasan lainnya sehingga orang awam mengira benar-benar bebas tanpa batasan.

Banyak juga yang menyembunyikan di TOS/ perjanjian karena kita tau jarang yang membacanya saat memesan sehingga tetap pihak hosting menyebutkan hanya saja jarang orang memperhatikan dulu sebelum menyewa. Membaca TOS dan perjanjian diperlukan, benar kan?.

Sama halnya di jasa pembuatan website, banyak yang tidak transparan kepada calon pelanggan mereka akan ini. Tetapi dilayanan jasa pembuatan website terbaik kami sangat terbuka untuk Anda (jika ingin membuat website atau toko online, hubungi kami).

Semoga artikel penting ini “Batasan pada hosting unlimited atau shared hosting” bermanfaat untuk kita semua.

jasa pembuatan website terbaik, jasa web, jasa website, jasa website terbaik, jasa website full support, jasa pembuatan website, jasa pembuatan website full support

DICKY IBROHIM

Saya adalah wisudawan terbaik Fakultas Ilmu Komputer pada wisuda ke 67 dari Universitas Swasta terkemuka di Jawa Tengah UDINUS. Saya berharap dapat berbagi banyak hal disini.

Oh ya, Jika Anda ingin memiliki website untuk tingkatkan reputasi bisnis dan penjualan, klik: Jasa pembuatan website full support atau jasa website