DICKY IBROHIM
Jasa Pembuatan Website SEO Expert

Cara aman dari bahaya Ransomware di Internet

Cara aman dari bahaya Ransomware di Internet sudah seharusnya Anda cari tahu dan implementasikan. Ransomware dikenal sebagai perangkat pemeras (bukan hanya sekedar menampilkan iklan seperti adwere yang biasa terjadi). Banyak sekali hal tak terduga dapat terjadi dengan sangat cepat.

Contoh kejadian tak terduga pernah dialami Admin. Laptop sedang dipinjam dan hanya dalam 5 menit ternyara ransomware menyerang dan mengunci semua file yang ada di laptop dan perangkat yang sedang terhubung. Naasnya sampai sekarang belum dapat ditemukan decript key/ kunci pembongkarnya.

Cara aman dari bahaya Ransomware di Internet ala CLEOVA/ Admin Cleova dibagikan untuk mencegah. Artinya, Anda harus lakukan meski saat ini belum terinfeksi.

Kenapa ransomware berbahaya?

  1. Mereka mengunci semua dokumen penting dan Anti malware tidak ada yang dapat memulihkannya. Algoritme yang digunakan ransomware sangat kuat sehingga cukup sulit dipecahkan manual. Anda perlu decription tool atau membayar tebusan yang mahal.
  2. Mereka dapat menyebar atau mempublikasi informasi apapun di laptop atau jaringan yang terinfeksi. Bayangkan jika semua dokumen rahasia bisnis Anda bocor, maka kerugian membayangi. Contoh kasus nyata: Klik disini
  3. Dapat menyerang seluruh bagian termasuk berkas cadangan (lihat poin 1)
  4. Jika Anda memilih membayar, mungkin Anda akan lebih diperas. Mereka sangat lihat dan ahli, berhati-hatilah!.
  5. Ransomware dapat menyerang Android, iOS, Windows, Linux, Mac OS.
  6. Mereka sangat cepat dalam hitungan detik dan sulit diduga kapan menyerang. Bisa jadi Anda akan sidang ujian akhir kuliah, kemudian 1 menit sebelum giliran Anda presentasi namun seluruh dokumen terinfeksi.
  7. Ransomware juga menyerang server dan database. Lihat contoh kasus nyata disini

Silahkan lakukan yang sesuai kondisi yang dialami:

Cara aman dari bahaya Ransomware ala CLEOVA

Gunakan Anti malware

Gunakan Anti malware dengan komitmen mengatasi ransomware. Lebih baik Anda membayar bulanan Anti malware handal untuk mencegah dari pada mengalami serangan super merugikan ini. Ransomware dapat membuat Anda bangkrut dalam waktu sangat cepat sebesar apapun perusahaan Anda.

Admin menyarankan Kaspersky Total Security (Sesuai pengalaman Admin). Tersedia untuk Windows, Android, Linux, atau Mac.

Gunakan browser Brave saat browsing

Browser Brave menghalau popup dan iklan (Download Brave disini). Malware juga sering kali disebar lewat iklan popup (memasang sendiri ke perangkat kita atau memanfaatkan keteledoran kita sebagai manusia).

Anda juga dapat menggunakan browser lain seperti Avast secure browser dan lainnya. Jika Anda menggunakan Kaspersky Total Security, mereka juga mengamankan web yang akan kita buka (pastikan aktif di pengaturan).

Hanya pasang aplikasi dari situs resmi atau penjualan resmi

Jika Anda ingin aplikasi Android, maka unduh dari Playstore untuk meminimalkan risiko. Jika Anda menggunakan iOS maka mengunduh aplikasi dari AppStore. Jika Windows, linux, atau Mac, maka unduh aplikasi dari situs resmi aplikasi terkait.

Jika Anda Admin website, jangan memasang plugin/tema/skrip nulled atau dari situs tidak resmi. Lebih baik Anda menggunakan jasa website full support karena lebih menjamin Anda. Baca juga tentang: Ancaman pada website (klik).

Penebar malware sangat lihat menyakinkan Anda bahwa aplikasi yang akan diunduh aman dan asli. Hindari sesuatu tidak resmi. Berhati-hatilah!.

Jangan buka email yang ditandai SPAM/ ditandai berbahaya

Anda dapat membaca secara mendalam tips terhindar dari kejahatan lewat Email di: Tips Terlindung Dari Kejahatan Melalui Email.

Google Mail atau Gmail, Yahoo, Outlook, dan lainnya memiliki keamanan untuk penggunanya. Jangan abaikan peringatan itu. Jika Anda tidak benar-benar mengenal (lebih baik langsung hapus dan jangan membuka tautan atau lampiran apapun dari email terkait).

Gunakan jasa bayar online handal saat belanja online

Jika Anda ingin membeli sesuatu dan belum berpengalaman, pastikan gunakan jasa pembayaran online handal. Rekomendasi menggunakan layanan kami karena sangat ketat dalam mengamankan Anda. Klik disini.

Jasa pembayaran online handal akan menghalau Anda jika membeli dari situs bajakan, situs palsu, atau situs berbahaya lainnya. Kami lebih mengutamakan kenyamanan Anda dari pada keuntungan.

Jika ingin mengelola atau membuat website bisnis

Jika Anda ingin website Anda jauh lebih aman dikelola oleh ahli berpengalaman, Anda dapat menggunakan jasa website full support kami. Jasa pembuatan website full support kami melindungi situs Anda dari malware dan kerusakan tanpa banyak biaya. Anda juga akan dilatih dengan sangat baik serta selalu memiliki website terbaik terbarukan (up to date).

Jika Anda sudah memiliki website namun terinfeksi, Kami juga menyediakan jasa perbaikan website (klik).

Backup data di SSD/HDD eksternal terpisah dan CLOUD

Keamanan memang mahal, sehingga Anda lebih baik memperhatikan sejak dini untuk mencegah kerugian lebih besar. Simpan dokumen penting Anda dan lakukan pencadangan di SSD/HDD Eksternal yang hanya terhubung saat diperlukan saja.

Selain SSD/HDD Eksternal, Admin sarankan menyimpannya di Cloud seperti Google Drive, One Drive, Dropbox. Non aktifkan sinkron otomatis agar ketika serangan terjadi mereka tidak melakukan sinkron ke cadangan di Cloud.

Jika dokumen sangat penting atau untuk perusahaan, Admin sarankan menyewa Data SaaS Protection untuk membackup berkala harian Cloud Anda.

Pokok terpenting: Jangan biarkan semua perangkat saling terhubung bersamaan untuk menghindari serangan mendadak atau tak terduga. Hal ini akan menyelamatkan salah satu atau beberapa berkas cadangan.