DICKY IBROHIM
Jasa Pembuatan Website SEO Expert

Cara mencegah dan mengatasi Database terinfeksi Ransomware

Bagaimana cara mencegah dan mengatasi Database terinfeksi Ransomware di servermu?.

Ransomware dikenal sebagai dengan nama perangkat pemeras. Mereka akan menyerang tidak hanya satu atau dua berkas namun keseluruhan. Ransomware telah diketahui menyerang komputer dengan Windows dan Linux. Ransomware banyak variasinya dan biasanya memiliki variasi kunci offline dan online.

Ransomware untuk komputer, biasanya menyebar lewat iklan, email, download software tidak resmi, dari perangkat lain yang terinfeksi dan menyebar, dan lainnya. Mereka dapat menyebar jika perangkat terhubung secara fisik (misal HDD eksternal) atau melalui jaringan. Meski banyak bermunculan ransomware descriptor/pemecah kunci, namun jenis-jenis tertentu belum dapat diatasi.

Terlepas dari jenis Ransomware yang menyerang komputer Windows dan Linux, kini berkembang ransomware untuk menyerang database website yang ada dalam server. Mereka dapat mengunci semua situs dalam 1 server (bukan hanya 1 database saja).

Ransomware di komputer pada umumnya ataupun Ransomware yang menyerang database dapat mengunci semua yang ada dan memeras Anda dengan meminta tebusan dengan dalih akan memberikan solusi.

Meskipun demikian, banyak situs anti malware menyarankan tidak membayar mereka atau mereka akan lebih buas kepada Anda setelahnya.

Untuk tips terhindar dari ransomaware yang dikirim via email, baca tips ini: Tips Terlindung dari kejahatan melalui email

Dampak Ransomware Bagi Bisnis

Bayangkan, jika Anda bekerja disuatu kantor yang memerlukan data pelanggan yang ada, lalu lalai dan terkena Ransomware, maka kerugian sangat besar membayangi perusahaan.

Tidak terbatas rugi, perusahaan dapat terancam bangkrut bahkan harus mengganti rugi. Ini alasan mengapa perusahaan raksasa lebih memilih membayar mahal dari pada murah diawal tetapi tak aman atau keamanan biasa yang dapat dengan mudah diserang hacker kelas dunia.

Sedia payung sebelum hujan, jangan pernah biarkan semua itu terjadi pada bisnis Anda. Gunakan Jasa pembutaan website handal dan berpengalaman.

CLEOVA menawarkan layanan Jasa pembuatan website terbaik full support dan memiliki pengalaman sejak 2011 serta dikelola oleh Wisudawan terbaik salah satu universitas dengan ikon sebagai sekolah swasta IT di Jawa tengah (Angkatan 67).

Tips mencegah ransomware menyerang server Anda (termasuk website dan database didalamnya):

  1. Membuat password dan username yang kuat. Khusus password gunakan kombinasi dari simbol, tanda baca, huruf besar, huruf kecil, dan angka. Akan lebih baik jika panjang kata sandi 18 digit keatas.
  2. Memastikan hak akses pengguna lain sesuai tugasnya masing-masing.
  3. Mengatur firewall agar orang lain tidak dengan mudah mengases database dari Internet (selain Anda).
  4. Anda dapat memasang anti malware ClamAV, Sophos, NOD32 Antivirus 4 for Linux, Maldetect, atau lainnya di server Linux Anda. Sebagian besar layanan cloud juga sudah menawarkan Infrastructure Protection yang salah satunya untuk mengatasi malware.
  5. Untuk pengguna cPanel plesk, ISP manager, directAdmin, Anda juga dapat menggunakan fitur tambahan anti malware berbayar seperti imunify360, imunify AV+, atau lainnya.
  6. Tidak menggunakan theme/ plugin yang diunduh diluar situs resmi karena berpotensi mengalami modifikasi sebelum benar-benar sampai ke anda, misal hasil jasa install, situs menjual kembali hasil bajakan atau situs jual tema/plugin nulled.
  7. Menggunakan lisensi GPL memungkinkan semua orang dapat mempelajari kode didalamnya, gunakan versi up to date atau pilih versi berbayar untuk lebih diperhatikan dan cepat penanggulangan masalah.
  8. Jika Anda ingin memulai website, hindari asal buat dengan pengetahuan minimum. Berbagai ancaman besar diluar mungkin belum anda bayangkan. Jika mereka menyantap Anda, mungkin biaya akan berlipat-lipat harus Anda keluarkan. Gunakan jasa pembuatan website full support lebih baik untuk Anda terutama yang memiliki pengalaman diatas 6 tahun dengan prestasinya. Hindari layanan yang menyediakan harga miring karena bisa jadi didalamnya akan ada banyak masalah menguras uang Anda. Cleova menjadi salah satu solusi terbaik untuk Anda. Klik untuk jasa pembuatan Website full support kami
  9. Pastikan memiliki pencadangan yang baik bahkan terpisah dengan server yang dicadangkan
  10. Periksa ulang layanan pihak ketiga yang digunakan untuk memastikan hak akses terbatas.

Jenis serangan database yang umum terjadi:

  1. Serangan database dapat berasal dari serangan dari dalam: Dari mantan administrator yang di pecat sakit hati, brutal force, memiliki hak istimewa dan lainnya. Mereka mendapatkan akses database maka disebut serangan dari dalam.
  2. Serangan dari luar: Misalkan SQL injection aatau injeksi NoSQL
  3. Enkripsi database: mirip ransomware di komputer yang biasa digunakan setiap hari namun mengenkripsi database (ransomware database).

Tips umum membangun website bisnis agar lebih aman dari ransomware database :

  1. Anda lebih baik mempercayakan kepada ahlinya, minimal pengalaman diatas 5 tahun dibidang web dan memiliki dasar Pendidikan yang kuat dan prestasi. CLEOVA Solusi untuk Anda.
  2. Anda lebih baik menghindari mencoba membuat website sendiri dengan kemampuan apa adanya karena kerugian akan berlipat-lipat jika terjadi setelah website jadi atau diluncurkan.
  3. Anda lebih baik menghindari jasa setup tema atau plugin, hindari situs penjual nulled, hindari mengunduh theme/ plugin dari Internet diluar situs asli pengembang karena mereka rawan!. Ingat, penjahat online akan sangat menawan saat akan menerkam Anda.
  4. Pilihlah jasa pembuatan website full support yang siap membantu Anda dengan fleksibel. CLEOVA adalah solusi Anda. Cleova bergerak bebas!
  5. Jika uang Anda terbatas sekalipun, gunakan jasa pembuatan website terbaik full support. Kami Solusi terbaik untuk Anda. Lebih hemat, lebih cepat, lebih aman, dan terima jadi tanpa repot. Membeli tema dari pengembang langsung akan membutuhkan kemampuan tambahan, uang tambahan (karena tidak cukup pada tema), dan jika melakukan kesalahan sekecil apapun malware dan ransomware siap menyantap Anda. Mereka membuat kerugian yang sangat besar.
  6. Pilih yang memberikan Anda privasi, kemanan, dukungan handal. Percayalah kami solusi Anda.

Cara mengatasi Database yang terserang Ransomware (Ransomware database):

  1. Bersihkan server Anda dengan anti malware paling baru. Jika Anda menggunakan VPS atau VM Instance, silahkan install Anti malware yang sudah disebut di halaman ini.
  2. Install juga Anti malware pada control panel untuk memberikan keamanan ganda lalu cek ulang.
  3. Setelah semua dinyatakan aman dan bersih, maka restore cadangan yang ada dengan menghapus yang terinfeksi (Anda mungkin akan kehilangan data terakhir setelah backup selesai, namun kehilangan lebih sedikit data atau informasi akan jauh lebih baik dari pada 100% hilang). Perlu Anda ingat, ransomware dapat menyerang segalanya termasuk file hasil backup. Untuk menghindari itu, cadangkan dan simpan di perangkat berbeda.
  4. Cara paling memungkinkan bersih dengan risiko besar: Reset server Anda dan restore dengan backup sebelum terserang ransomware.

Contoh Ransomware yang menyerang database MySQL atau MongoDB:

Ransomware serang Mysql,Ransomware Database, Mysql Ransomware Database, MongoDB Ransomware Database
Ransomware serang Mysql

Sekian artikel tentang cara mencegah dan mengatasi Database terinfeksi Ransomware (MySQL & MongoDB) lengkap!. Semoga bermanfaat.