Cara cek lokasi CDN Cloudflare di website kita

Hai, Cloudflare adalah layanan pihak ketiga yang dapat kita pasang baik melalui layanan Cpanel atau website langsung untuk meningkatkan keamanan website.

Admin tekankan, fokus utama Cloudflare adalah meningkatkan keamanan website dan bukan meningkatkan kecepatan meskipun terdapat CDN yang dapat mempengaruhi kecepatan akses.

Dulu ketika awal-awal Cloudflare tersedia, banyak sekali kendala seperti terlalu agresif pengecekan robot, koneksi bermasalah, dan sebagainya. Namun seiring waktu sudah membaik dan selalu memuaskan.

Kita akan meruncingkan topik pembicaraan kepada CDN di Cloudflare meskipun menyinggung yang lain.

Perbandingan CDN pada setiap paket Cloudflare

Semua paket baik gratis atau berbayar telah dilengkapi CDN (content delivery network).

Pusat data Cloudflare saat artikel ini ditulis (november 2019), sudah ada 194 data center di seluruh dunia. Ini memungkinkan akses berbasis lokasi oleh pengunjung sehingga akan lebih cepat diakses , mengurangi latensi, dan meningkatkan kinerja.

Dari semua paket gratis atau berbayar, hanya paket PERUSAHAAN yang diberikan perutean dan perlindungan prioritas untuk memastikan kecepatan dan ketersediaan maksimum. Untuk perorangan mungkin akan terlihat sedikit mahal (saya rasa tidak dengan perusahaan besar)

Mengecek status data center cloudflare

Jika benar ada 194 pusat data, maka kita tentu dapat mengecek jika diperbolehkan. Cloudflare mengizinkan kita mengcek status (sedang bermasalah, re-route, atau keadaan lainnya.

Anda dapat cek lokasi CDN Cloudflare dan statusnya di halaman: Status Sitem Cloudflare (klik)

Jika ingin memastikan CDN aktif di website, silahkan lakukan langkah sederhana ini:

  • Buka situs Anda di browser (saran dengan browser Chrome/ Edge Chromium)
  • Buka inspeksi dengan menekan 3 tombol di keyboard bersamaan CTRL+SHIFT+I => Tekan menu Network lalu reload browser => Tekan salah satu file yang muncul pada bagian 2 dibawah ini
Cara cek lokasi CDN Cloudflare, , Lokasi CDN Cloudflare, Lokasi CDN Cloudflare, Cara cek CDN cloudflare berhasil dipasang atau tidak
  • Kita mendapatkan lokasi pusat data yang sedang diakses(cf-ray). Catatan: CF adalah singkatan Cloudflare. CGK adalah kode data center.
Cara cek lokasi CDN Cloudflare, , Lokasi CDN Cloudflare, Lokasi CDN Cloudflare, Cara cek CDN cloudflare berhasil dipasang atau tidak
  • Sekarang kita tau cara cek lokasi CDN Cloudflare di website.

Pada paket yang tersedia, hanya paket PERUSAHAAN yang diberikan perutean dan perlindungan prioritas untuk memastikan kecepatan dan ketersediaan maksimum. Semakin dekat dengan pengunjung website (semakin cepat pada umumnya).

Ingin pasang Cloudflare secara maksimal tanpa takut salah?

Gunakan layanan kami!. Di kelola Wisudawan terbaik ke 67 berdasarkan Surat Keputusan No. 062/KEP/UDN-01/VIII/2019 universitas Dian Nuswantoro di Semarang yang sudah terkenal banyak menghasilkan tenaga IT handal .

Kami juga menyediakan jasa pembuatan Website full support (termasuk kelola hosting/ server secara handal). Berpengalaman sejak 2011 + tersedia pembaruan berkala dan bantuan.

Cek situs layanan Kami di: CLEOVA Freelancer (Lindungi privasimu dengan sempurna, layani sepenuh hati untuk menuju surga Kami kelak)!.

Terimakasih telah membaca artikel “Cara cek lokasi CDN Cloudflare di website kita“. Semoga bermanfaat.