Cara memonetisasi blog WordPress secara gratis

Hai, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara memonetisasi blog WordPress secara gratis. Yuk kita cari tau cara terbaiknya.

WordPress adalah salah satu platform yang sangat populer untuk blogging. Banyak orang menggunakan WordPress untuk sekedar menulis pengalaman, promosi jasa atau produk, bahkan profil perusahaan.

WordPress melaju sangat cepat dan banyak diminati karena selain mudah digunakan, WordPress juga merupakan platform CMS sumber terbuka (gratis).

Diambil dari sumber trends.builtwith.com, WordPress setidaknya digunakan 27.021.750 per 21:23 tanggal 7 bulan februari 2020 dan 75.738 diantaranya dari Indonesia.

Gambar: sumber trends.builtwith.com

Wow, menakjubkan bukan?. Selain penggunanya yang sangat banyak, WordPress juga menjadi leader dari semua CMS dilihat dari penggunanya.

Gambar: sumber trends.builtwith.com

Ok, masih ragu menggunakan WordPress?, saya yakin Anda tidak ragu setelah melihat angka dan fakta lapangan saat ini.

Bagaimana cara memonetisasi blog wordpress secara gratis?

Sebelumnya saya telah menulis tentang bagaimana kita dapat menghasilkan uang dari online. Banyak diantaranya memonetisasi blog. Silahkan baca artikel ini: Cara mendapatkan uang dari online lengkap dan mudah  .

Tetapi, disini kita akan fokus ke monetisasi blog WordPress. WordPress ada 2 yang kita kenal, yakni WordPress.com dan WordPress.org (self hosting). Kita krucutkan ke WordPress yang di pasang dengan hosting yang kita sewa sendiri.

1. Ikuti Program Referal dan Afiliasi

Buatlah blog tentang sesuatu yang Anda sukai. Ketika artikel yang Anda buat dari 0 semakin banyak, tentu dari waktu kewaktu Anda belajar meningkatkan kualitas tulisan.

Ketika tulisan Anda sudah bagus dan banyak diminati, maka peluang mengikuti program referal dan afiliasi sangat terbuka lebar. Misal: Anda menyewa hosting untuk Website yang sedang Anda gunakan.

Biasanya provider hosting memberikan komisi ketika orang mendaftar melalui link referal/afiliasi di member area akun Anda atau dengan memasukan kode tertentu saat orang yang membaca tulisan atau penawaranmu tertarik dan memulai menyewa.

Misal: Saya akan mendapatkan komisi 70% jika Anda menyewa hosting dari link afiliasi ini: https://panel.niagahoster.co.id/ref/58750?r=hosting-murah.

Sekarang, tinggal bagaimana Anda mengemas tulisan agar meyakinkan dan menarik minat orang mendaftar saat membaca review atau tulisan Anda.

Contoh lain yang menghasilkan dollar berupa saldo tetapi tidak dapat dicairkan ke bank kita (hanya bisa digunakan) adalah: uPCloud (VPS): https://upcloud.com/signup/?promo=S2K7G6.

Cara pertama memonetisasi blog WordPress secara gratis ini sangat banyak bertebaran saat ini. Tak jarang menyebabkan review palsu hanya demi mendapatkan peminat dari link mereka (hindari ini)

2. Content Placement

Jika Anda memiliki blog dengan pengunjung ramai atau DA/PA situs Anda tinggi, kemungkinan besar orang lain melihat peluang yang Anda miliki untuk mereka menempatkan artikel di situs tersebut dengan cara membayar.

Tujuan mereka adalah mendapatkan tautan berkualitas (backlink) dan promo yang disisipkan dibaca oleh pengunjung web Anda.

Biayanya sangat tergantung kesepakatan. Biasanya antara 100rb hingga berjuta-juta.

3. Membuka jasa atau berjualan

Jika Anda memiliki kemampuan atau produk tertentu, maka dapat Anda jelaskan diblog WordPress milikmu. Misal: Anda memiliki keahlian desain foto menjadi karikatur, maka tawarkan saja. Ketika pembaca artikel melihat dan tertarik, maka ini adalah peluang mengembangkan menjadi lebih serius.

4. Daftar menjadi publisher

Anda suka menulis dan banyak diminati tetapi Anda tidak memiliki kemampuan menawarkan produk tertentu dan tetapi ingin memonetisasi blog WordPress secara gratis?.

Ok!, Anda dapat mendaftarkan situs Anda ke Adsense, Mdgid, atau lainnya. Jika diterima, maka situs Anda akan menampilkan iklan sesuai yang diatur.

Ketika orang tertarik dan klik, maka Anda mendapatkan bayaran. Ini kita kenal sebagai pay per click (bayar per klik), pay per action (bayar ketika orang membeli dari iklan atau link disitus Anda), pay per xxxx view (bayar per sekian banyak tayangan), ada juga pay per download (cocok untuk situs tentang aplikasi gratis).

Dari 4 cara memonetisasi blog WordPress secara gratis yang sudah kita bahas, mana yang akan Anda terapkan di WordPress Anda?.

Kamu ingin memiliki blog WordPress SEO dan unggul?. Kami membuka jasa pembuatan website WordPress full support (klik). Lupakan error, bersama kami selalu up to date!