Cara mengatasi Blog di Blogger terdeteksi malware

Cara mengatasi blog yang Anda buat di Blogger terdeteksi malware oleh scanner cukup mudah karena tidak banyak file pengaturan dapat kita atur selain di HTML Editor.

Perkiraan pencarian 5 minutes.

Cara mengatur tema Blogger dan pengaturan seputar kode serta mengecek kode terenkripsi:

  1. Masuk ke Blogger

    Kunjungi blogger.com dengan akun Google yang Anda gunakan untuk mengelola blog di Blogger, klik Tema atau Theme => Edit HTMLCara mengatur tema Blogger

  2. Pencarian cepat CTRL+F

    Klik didalam box Editor lalu tekan pada keyboard CTRL dan F bersamaan untuk melakukan pencarian cepat. Ketikan “var _” (tanpa tanda kutip)untuk melihat kode yang di enkripsiFIND di Blogger

Kenapa kok kita mencari var _ ?

Jawab: Biasanya, kode yang di enkripsi/ encode dapat disisipi malware. Terkadang, scanner website secara online menganggap kode yang di enkripsi berpotensi berbahaya (biasanya situs seperti sucuri menandai malware.generic_jsobfuscator).

Solusinya cara mengatasi Blog di Blogger terdeteksi malware oleh scanner online: Gunakan kode asli tanpa di enkripsi, biasanya akan memperbaiki masalah jika memang ini terjadi pada Anda. Cek juga kode lain yang mencurigakan. Iklan popup juga terkadang membuat blog Anda terdeteksi malware (meskipun tidak semua pasti mengalami hal sama).

Jika Blog Anda benar-benar terinfeksi malware (bukan karena terdapat kode terenkripsi dan dianggap berbahaya oleh malware scanner secara online), biasanya akan mendapatkan pesan di Google webmaster/ Google search console dibagian keamanan. Jika ini terjadi, Anda cukup ikuti saran yang ada saat itu.

Sekian Cara mengatasi Blog di Blogger terdeteksi malware. Semoga bermanfaat.