DICKY IBROHIM
Jasa Pembuatan Website SEO Expert

Cara mengoptimalkan kecepatan website lengkap

Cara mengoptimalkan kecepatan website dapat kita lakukan dengan berbagai cara. Kecepatan website menjadi salah satu penentu apakah pengunjung akan betah dan mau mengunjungi website kita lagi atau tidak.

Cara mengoptimalkan kecepatan website kita dapat dilakukan dengan menggunakan hosting yang optimal dan optimasi script dari website kita.

Jika kita berbicara WordPress, maka kita akan berbicara juga optimasi themes dan plugins.

Yuk kita bahas satu persatu cara mengoptimalkan website lengkap ala-ala CLEOVA:

Optimalkan kecepatan dengan memperhatikan hosting

Cara paling ampuh meningkatkan kecepatan website adalah memperhatikan dimana kita menyimpan website (WordPress) kita. Di share hosting, cloud hosting, VPS, cloud VPS, atau dedicated server?.

Jika kita memiliki banyak uang, maka dedicated server ataupun cloud VPS akan menjadi solusi terbaik untuk mengoptimalkan website menjadi lebih cepat dan mantap. Semakin tinggi spesifikasi server hosting yang kita gunakan, maka semakin cepat, semakin kuat melayani permintaan atau akses pengunjung yang banyak.

Sayangnya cloud VPS atau dedicated server memerlukan biaya dan semua orang belum tentu memiliki alokasi itu untuk membiayai server website mereka. Maka cloud hosting kami sarankan (dengan catatan masih memiliki dana). Tetapi jika Anda benar-benar harus menekan biaya, maka share hosting tidak ada salahnya Anda gunakan.

Di share hosting Anda akan sangat dibatasi walaupun pada kenyataanya pada promo tertulis unlimited. Dari RAM, I/O, IOPS, CPU, bandwidth, disk usage, inodes, atau lainnya kadang sangat dibatasi.

Orang awam mungkin akan tertarik dengan kalimat unlimited yang diartikan tanpa batas, namun ketika menggunakannya terasa kurang optimal baru mereka menyadari bahwa yang mereka gunakan itu yang paling rendah dan terbatas sumber dayanya.

Mari kita menggunakan imaginasi sejenak tentang server

  1. Bagaikan hotel bintang 5 (dedicated server) yang Anda sewa sendirian. Anda lebih bebas bagaikan raja.
  2. Hotel bintang 5 yang disewa beberapa kelompok dimana ada garansi jika kamarmu rusak akan dipindah ke kamar mewah lain (cloud VPS),
  3. Hotel mewah yang Anda sewa dalam bulan/ tahun dimana dalam hotel yang sama tetap ada orang lain yang menyewa namun memiliki bagian yang jelas. Ketika terjadi kerusakan anda harus menunggu diperbaiki, begitu juga dengan (tradisional VPS)
  4. Apartemen luas namun dihuni sangat banyak orang sehingga dalam waktu tertentu dapat sangat padat lalu lintas . Kita imajinasikan itu sebagai menyewa cloud hosting. Saat jam berangkat kerja, apartemen memungkinkan terjadinya antrian padat menuju pintu keluar/ masuk. Dalam 1 apartemen memiliki banyak lift, tangga, atau pilihan jalur. Jika sangat padat atau rusak, Anda dapat memilih jalur lain yang Ada. Kasus lain, jika kamarmu rusak dan ada kamar kosong, kamu dapat meminta izin pindah disana dalam 1 apartemen yang sama.
  5. Tapi jika kami menyewa Share hosting, maka bagaikan kamu menyewa kontrakan. 1 kontrakan digunakan bersama (misal untuk 10 orang) dengan 3 kamar mandi, 1 pintu keluar, dan 1 tempat parkir. Untuk mandi Anda harus bergantian dan antri. untuk keluar dari parkiran anda harus menunggu (jika keluarnya bersamaan). Jika pintu depan rusak, maka akan terjadi antrian padat bahkan tidak dapat keluar dari kontrakan.

Saat ini banyak ditawarkan share hosting dengan berbagai variasi batasan sehingga menghasilkan perfoma berbeda namun terlihat wah bagi pemula. Anda harus berhati-hati karena kalimat atau kata-kata dalam marketing cukup manis didengar namun belum tentu manis ketika Anda rasakan.

Hal-hal berikut ini sering kita lihat bahkan rasakan saat menyewa share hosting:

  1. Kerap kali harga share hosting murah dengan spek cukup bagus namun hosting sering down (Jika Anda belum sewa sendiri maka mungkin tidak akan tau yang sebenarnya).
  2. Ada share hosting yang jarang terjadi down namun speknya rendah (meskipun dalam promosinya terlihat menarik bagi orang awam)
  3. Ada yang cukup bagus namun jumlah disk sangat kecil.
  4. Ada yang penggunaan CPU sangat dibatasi, namun ruang simpan tidak dibatasi, dan masih banyak kasus yang akan terlihat setelah Anda sewa.

Testimoni yang Anda lihat mungkin saja dibuat di awal-awal sewa (bukan setelah menggunakan jangka panjang). Testimoni positif juga kerap diberikan karena mengejar afiliasi, atau bahkan mungkin buatan untuk marketing. Namun tidak menutup kemungkinan orang dengan kebutuhan server minim yang terpenuhi dengan hanya menggunakan share hosting juga merasa puas.

Terlepas dari dilema diatas, Anggap saja uang yang ada hanya cukup menyewa cloud hosting selama 1 tahun (dengan harapan setelah memiliki website untuk kita berlipat-lipat dan dapat memperpanjang/ bahkan menyewa server yang lebih kuat).

Berikut ini adalah cara mengoptimalkan kecepatan website dengan mengetahui batas kemampuan hosting

Hosting yang Anda sewa tentu ada batasan. Kita akan mencari tau seberapa kuat server Anda, dan berapa banyak pengunjung bersamaan dapat terlayani. Sebut saja ini stress testing. Apakah situs Anda mampu menangani permintaan dalam jumlah besar serentak?.

Kita dapat mengeceknya dengan mendaftar di situs bernama loader.io. Anda dapat daftar lalu verifikasi kepemilikian host. Anda dapat gunakan clients per test, client per seconds, atau mantain client load.

Pastikan Anda menonaktifkan mode keamanan tinggi dari DDoS saat testing.

Optimalkan kecepatan dengan optimasi tema

Tema dari website Anda (misal untuk CMS WordPress) sangat mempengaruhi kecepatan akses. Semakin efisien skrip akan semakin baik dan semakin sederhana semakin cepat karena semakin sedikit skrip yang perlu dijalankan. Di server yang Anda sewa terdapat:

  1. RAM (untuk mengingat dan menyimpan sementara apa yang kita lakukan),
  2. I/O: kemampuan input output dalam harddisk/ SSD (tipe storage drive ini juga mempengaruhi perfoma),
  3. IOPS: Jumlah input dan output dalam 1 detiknya,
  4. CPU: Dikenal lebih mudah sebagai otaknya server mempengaruhi daya proses)
  5. Bandwidth: Bagaikan lebar jalan (semakin luas semakin dapat melayani banyak permintaan bersamaan)
  6. Disk usage: Daya simpan suatu berkas (misal 1GB, 2 GB, 10GB),
  7. Inodes: Jumlah file/ folder (termasuk email menghasilkan file).

Mereka semua ada batasnya sehingga harus Anda perhitungkan. Semakin komplek tema biasanya semakin banyak skrip yang harus di buat dan dieksekusi bersamaan (secara umum).

Optimalkan kecepatan website dengan optimasi plugins/ skrip tambahan

Semakin banyak plugins semakin banyak skrip yang harus dijalankan bersamaan dan file yang dibuat, dan semakin sedikit plugin semakin sedikit tugas yang harus dilakukan sehingga akan semakin cepat selesai dikerjakan sempurna (mempengaruhi kecepatan akses).

Optimalkan kecepatan dengan optimasi gambar

Gambar yang sangat tajam biasanya memiliki ukuran file besar. Untuk fotografi dan seni itu memang unggul, namun untuk dipajang diwebsite, maka Anda harus memiliki strategi agar tetap ringan.

Beberapa cara agar website Anda tetap ringan meski memuat gambar adalah dengan memperkecil jumlah file gambar dalam 1 halaman dan memperkecil ukuran file gambar.

Untuk memperkecil ukuran file gambar, Anda dapat menggunakan layanan seperti tinypng.com, tinyjpg.com, dll

Anda juga dapat mensiasati dengan menggunakan lazy load image dan cache yang handal.

Optimalkan kecepatan dengan mengurangi jumlah iklan

Iklan terkadang akan membebankan berlebihan waktu muat di website Anda. Coba perhatikan ketika situs Anda dibuka tanpa iklan dan setelah Ada iklan seperti Adsense maka akan ada sedikit atau banyak perubahan kecepatan website Anda.

Anda dapat mensiasati dengan lazy load ads, memperkecil jumlah iklan terpasang dalam 1 halaman yang sama, atau cara lainnya.

Optimalkan kecepatan dengan CDN

CDN membuat situs Anda lebih dekat dengan pengakses. Misalkan Anda menaretkan situs untuk diakses orang Australia, Singapure, Amerika, atau negera lain, maka CDN global seperti Amazon CloudFront, Cloudflare, BunnyCDN, ClouDNS, MaxCDN, BelugaCDN, fastly, KeyCDN, CDNify, Level 3 CDN, Azure CDN, CacheFly, Incapsula, dll akan sangat membantu waktu muat gambar atau assets (JS atau CSS). CDN di negara terdekat akan melayani pengunjung sehingga akan lebih cepat terlayani dengan maksimal.

Optimalkan kecepatan dengan AMP

Jika Anda ingin lebih cepat, Anda juga dapat mengubah website anda menjadi mendukung AMP (Accelerated Mobile Pages) yang valid. Versi AMP melucuti Javascript sehingga fungsionalitas yang memerlukan JS mungkin tidak maksimal. {ada umumnya tampilan akan lebih sederhana di banding website tanpa mendukung AMP.

Saatnya cek perfoma website Anda

Jika Anda ingin mengecek perfoma situs Anda, Anda dapat mengunjungi gtmetrix.com, Test My Site think with Google (sangat ketat, bahkan situs Google sendiri dianggap rata-rata disini), dan lainnya. Pastikan Anda mengecek dari negara target!. Cepat belum tentu kuat, kuat belum tentu cepat. Kondisi ideal adalah kecepatan website super cepat dan super kuat menangani banyak kunjungan bersamaan.

Ingin lebih website maksimal dan tinggal Anda gunakan untuk bisnis?

Semua hal diatas sebenarnya sangat rumit, kecuali anda berpikir semuanya mudah dan akhirnya bingung ditengah jalan.

Jika tidak ingin itu terjadi, maka gunakan jasa website terpercaya dan handal kami. Semua akan diperhitungkan secara maksimal termasuk faktor diatas.

Selain faktor diatas, jasa website terbaik kami mengoptimalkan dengan SEO up to date (mengikuti aturan atau algoritme Google terkini yang sangat sering berubah-berubah).

Jika Ada masalah, kami juga memberikan dukungan perbaikan langsung atau berupa saran untuk mengawal selama web aktif.

Yakinlah layanan kami yang terbaik, karena selain benar-benar berpengalaman sejak 2011, benar-benar melayani Anda sepenuh hati selama web aktif. Anda juga ditangani oleh layanan yang disediakan Wisudawan Teknik Informatika terbaik angkatan 67 dari Universitas Dian Nuswantoro berdasarkan Surat Keputusan No. 062/KEP/UDN-01/VIII/2019. Kampus ini yang sudah banyak diketahui banyak menghasilkan tenaga IT handal (lihat sertifikat kami)

Anda tidak perlu memikirkan susahnya bersaing dengan iklan, karena kami juga memiliki sertifikat iklan Google yang valid.

Jasa website full support, Cara mengoptimalkan kecepatan website lengkap
Cara mempercepat website, Jasa website seo, Cara mengoptimalkan kecepatan website lengkap, Cara mengoptimalkan kecepatan website, cara percepat website
Cara mempercepat website, Jasa website seo, Cara mengoptimalkan kecepatan website lengkap, Cara mengoptimalkan kecepatan website, cara percepat website
Cara mempercepat website, Jasa website terpercaya, jasa website terbaik, jasa website, Jasa website seo, Cara mengoptimalkan kecepatan website lengkap, Cara mengoptimalkan kecepatan website, cara percepat website

Tunggu apa lagi?

Klik untuk membuat: website full support