DICKY IBROHIM
Jasa Pembuatan Website SEO Expert

Cara aman transaksi online agar terhindar dari penipuan (terbaru)

Cara aman transaksi online agar terhindar dari penipuan sangat penting Anda ketahui karena semakin maraknya situs palsu, situs scam, dan akun palsu untuk menipu korbannya.

Bagaimana cara aman transaksi online paling jitu?

Ada 2 kasus yang kita bahas.

Pertama jika penjual menawarkan KTP atau NPWP untuk meningkatkan kepercayaan Anda. Jika cara ini ditempuh maka Anda dapat mengecek keaslian KTP dan NPWP, lalu mencocokan nama di KTP, NPWP, dan bank yang digunakan dan harus sama apapun alasannya (demi keamanan Anda).

Silahkan baca cara cek KTP editan atau tidak:

  1. Cara cek foto KTP orang semarang asli atau palsu (editan)
  2. Cara cek foto KTP orang demak asli atau palsu (editan)
  3. Cara cek foto KTP orang Wonogiri asli atau palsu (editan)
  4. Cara cek foto KTP orang Purworejo asli atau palsu (editan)
  5. Cara cek foto KTP orang Kebumen asli atau palsu (editan)
  6. Cara cek foto KTP orang Jepara asli atau palsu (editan)

Cara cek NPWP editan atau tidak:

Buka halaman resmi Pajak ini (klik disini), lalu ketikan nomor NPWPnya. Jika asli maka Nama akan terisi otomatis. Jika tidak sama dengan foto atau tidak dapat dicek maka jangan teruskan transaksi jika tidak ingin berisiko tertipu.

Jika memungkinkan, mintalah mereka foto sambil memegang salah satu dari kartu diatas (untuk memastikan orangnya). Inti dari cara pertama ini adalah mencocokan nama di KTP, NPWP, dan bank yang digunakan.


Kedua, jika penjual tidak memberikan foto KTP/ NPWP (karena memang rawan disalahgunakan) adalah dengan:

Menghubungi penjual/ pedagang toko online atau website

Cobalah menghubungi dulu pedagang ke kontak yang tersedia di website atau toko online. Website atau toko online yang tidak mencantumkan kontak layanan pelanggan sangat rawan disalahgunakan.

Pastikan pedagang merespon. Pastikan nomor HP dan bank sesuai yang tertera di website atau toko online.

Jika merespon baik dan tidak mencurigakan, maka ini adalah sinyal baik pertama. Untuk melakukan transaksi ke toko online/website guna membeli barang.

Tips: Sebaiknya tetap menggunakan jasa pembayaran online agar lebih aman. Mereka dapat mengecek faktor tambahan untuk menentukan dapat dipercaya atau tidak suatu website/toko online.

Jika Anda membeli di marketplace akan berbeda dengan cara diatas. Anda harus menghubungi penjual untuk memastikan mereka aktif dan barang siap melalui fasilitas yang disediakan, lakukan transaksi hanya melalui marketplace (tidak boleh diluar layanan apapun alasannya), menunggu barang datang dan memastikan barang sesuai sebelum menekan tombol konfirmasi barang diterima (berjaga-jaga dari kemungkinan barang yang dikirim tidak sesuai deskripsi).

Jika tidak sesuai atau tidak kunjung datang maka hubungi pihak marketplace untuk solusi pengembalian dana (refund).

Mencari website dengan kebijakan pengembalian dana yang jelas

Pastikan juga membeli di website/ toko online yang memberikan kebijakan tentang refund/pengembalian dana pelanggan. Ini akan memberikan anda pintu jalan jika terjadi hal yang tidak di inginkan.

Menggunakan jasa pembayaran online dapat membantu jika diperlukan untuk lebih memastikan hal ini. Menggunakan jasa pembayaran online tepercaya akan lebih aman dari pada melakukannya langsung secara mandiri jika Anda tidak benar-benar memahami risiko.

Menggunakan toko tepercaya atau jasa bayar online

Jika Anda melakukan transaksi dengan toko online bereputasi tinggi mungkin dapat melakukan transaksi langsung meski manusia dapat berubah sangat cepat (jasa pembayaran online dapat lebih aman).

Alternatif terbaik adalah menggunakan jasa pembayaran online handal tepercaya. Mereka dapat mengecek situs yang akan Anda beli produknya dan melakukan langkah-langkah terbaik untuk melindungi Anda dari usaha penipuan. Kami menyarankan Anda menggunakan jasa pembayaran online kami (klik disini). Kami melindungi Anda hingga memastikan produk terbayar. Kami juga mengecek website dari beberapa faktor untuk meningkatkan keamanan transaksi Anda.

Payment gateway dengan perlindungan pelanggan handal

Kenapa tidak menggunakan bank transfer?. Karena jika mereka menipu Anda, maka perlu surat dari pihak berwenang terlebih dahulu sebelum mengadu ke pihak bank agar dapat diproses dengan lancar dan cepat. Perlu waktu dan tenaga lebih (hari libur akan memperlambat proses) dan kemungkinan uang kembali juga cukup kecil.

Dengan menggunakan Payment Gateway seperti PayPal, mereka memiliki perlindungan penjual dan pembeli dengan adanya fitur dispute. Batas waktu sudah ditentukan dan kemungkinan uang kembali lebih besar.

Sayangnya banyak yang tidak menyadari ketika terkena tipuan phising/ scam. Mereka kebanyakan baru menyadari ketika saldo kartu kredit atau akun mereka tiba-tiba berkurang drastis.

Jika Anda tidak ingin terkena scam/ halaman phising, Sebaiknya menggunakan jasa pembayaran online untuk mencegahnya. Selain itu, jasa pembayaran online membuat Anda tidak perlu memiliki kartu kredit (dengan segala risikonya).

Edukasi Pelanggan

Mendidik, memberitahu, atau berbagi ilmu ke calon pembeli agar mereka dapat melakukan pencegahan. Halaman ini termasuk memberikan edukasi Anda agar lebih aman.

  • Situs toko online/ website juga memerlukan FAQs (daftar pertanyaan yang sering diajukan dan apa jawaban resmi dari penjual).
  • Membaca cara cek KTP dan NPWP yang ada di situs ini juga salah satu contoh edukasi pelanggan untuk kasus tertentu
  • Mempelajari ciri-ciri halaman scam/phising dan lainnya.

Demikian cara aman transaksi online agar terhindar dari penipuan (terbaru). Semoga bermanfaat bagi Anda dan semuanya.