Jika kamu dapat membuat website sendiri, kenapa harus tetap menggunakan jasa pembuatan website profesional?

Artikel ini akan mengubah dan menambah wawasan kita menjadi lebih tepat. Kita pernah mendapatkan pertanyaan yang digunakan untuk menyakinkan seseorang semacam ini?.

Jika kamu dapat membuat website sendiri, kenapa harus tetap menggunakan jasa pembuatan website profesional?

Biasanya pertanyaan seperti ini dilontarkan untuk menyakinkan seseorang agar tidak perlu menggunakan jasa pembuatan website karena dianggap sudah mampu membuatnya sendiri.

Sayangnya, pertanyaan yang digunakan untuk menyakinkan semacam ini biasanya diberikan oleh seseorang yang belum memiliki pengetahuan atau pengalaman yang luas tentang dunia digital.

Mari kita cari tau kenapa ada anggapan seperti itu

Adanya anggapan bahwa websitehanya sebuah halaman untuk menampilkan produk agar dapat dibuka banyak orang. Anggapan seperti ini akan membatasi pengetahuan kita.

Benar bahwa website adalah halaman-halaman yang saling terkait untuk menampilkan informasi atau penawaran agar dapat diakses banyak orang, tetapi tidak sebatas itu. Website juga memungkinkan produk atau penawaran kita dapat ditemukan oleh orang yang benar-benar sedang mencarinya.

Website memungkinkan promosi digital berjalan 24 jam non-stop tanpa perlu biaya listrik toko 24 jam, tanpa perlu membayar uang lembur staff, dan tanpa perlu menyewa ruko yang harus buka 24 jam. Enaknya lagi, website dapat menangani transaksi otomatis.

Sekarang kita sudah tau, ternyata website juga memiliki fungsi media promosi 24 jam non-stop. Website lebih efektif karena langsung menargetkan orang yang benar-benar menginginkan produk kita dengan jangkauan lebih luas selama 24 jam non-stop.

Sampai disini, kita belum membahas kenapa jasa pembuatan website itu perlu saat kita sendiri sudah dapat membuat website itu sendiri, mari kita lanjutkan.

Zaman mengubah perilaku konsumen. Kemudahan membeli sesuatu dari ponsel atau komputer membuat sebagian besar memilih memanfaatkan ini dari pada harus membeli langsung ke toko fisik. Kenapa?

Membeli digital memiliki banyak keuntungan:

  1. Dapat dilakukan lebih mudah dari pada membeli secara langsung kepasar atau mall.
  2. Harga produk di website atau toko online lebih murah (penjual tidak perlu sewa toko, tidak perlu bayar listrik toko, tidak perlu menyewa banyak staff). Toko online atau website sudah mampu menghandel jauh lebih hemat.
  3. Membandingkan harga antar toko lebih cepat dan mudah. Kita tidak perlu pergi kebeberapa mall hanya untuk melihat diskon atau harga. Didepan layar ponsel Anda sudah cukup. Kita dapat membandingkan harga produk yang sama dibeberapa website atau toko online.
  4. Bebas macet dan bebas gerah. Kita tidak perlu macet-macetan di jalan yang panas karena kondisi alam.
  5. Lebih hemat!. Kita dapat membeli produk luar negeri tanpa perlu membayar tiket pesawat pulang pergi.
  6. Kita dapat memperoleh produk dengan cepat. Kurir saat ini memungkinkan barang yang dipesan sampai 1-5 hari jika dipesan dari dalam negeri atau 1-2 bulan untuk barang dari luar negeri (sering kali lebih cepat).
  7. Lebih aman untuk kesehatan. Dimasa pandemi seperti yang terjadi pada tahun 2020, toko online menjadi pilihan terbaik untuk membeli sesuatu tetapi tetap menjaga Kesehatan secara maksimal.
  8. Lebih aman dari tindak kriminal langsung.

8 hal diatas adalah contoh alasan kenapa masyarakat saat ini lebih memilih toko online atau website untuk kegiatan jual beli. Sejalan dengan alasan diatas, banyak penelitian juga menunjukan minat pengguna ponsel atau komputer untuk membeli secara online yang luar biasa dan terus meningkat, misal (Data Reportal, Digital 2019: Indonesia oleh Simon Kemp, 31 Januari 2019).

Kita masih belum membahas kenapa jasa pembuatan website masih diperlukan meski kita sudah mampu membuat website sendiri. Kita harus tau dulu beberapa hal agar nantinya mudah mengerti.

Dari yang sudah kita baca diatas, menurutmu apakah dari sekian banyak pebisnis tidak menyadari kenapa mereka harus memiliki website atau toko online?.

Jawab pastinya adalah tidak mungkin tidak menyadari. Pebisnis menyadari pentingnya website untuk usaha mereka.

Perubahan perilaku konsumen dan besarnya potensi keuntungan membuat banyak dari mereka berbondong-bondong membuat website sehingga timbul persaingan baru antar website.

Apakah kamu pernah berurusan dengan usaha milik seseorang yang sukses saat ini?.

Sebagian besar dari mereka pasti memiliki website atau toko online, benarkan?. Apakah kita yang baru memulai usaha belum perlu website?, jawabannya harus punya!.

Apakah hanya memiliki website cukup?. Tentu tidak. Membuat website siapapun bisa. Teknologi mempermudahnya. Anda mungkin akan melihat penawaran membuat web hanya dalam 20 menit atau semacamnya.

Mereka semua membumbui dengan kalimat-kalimat agar seolah-olah pasti sukses hanya dengan memiliki web. Itu tidak sepenuhnya benar.

Untuk dapat bersaing dari banyaknya pesaing antar website, Anda perlu pembimbing yang menunjukan jalan atau memberi masukan. Jasa pembuatan website full support dapat memberikan arahan yang tepat untukmu agar ikut bersaing dengan handal. Anda juga harus tetap promosi.

Lihatlah Bukalapak, shopee, atau Tokopedia. Mereka sudah memiliki banyak pengguna, tetapi terus melakukan iklan berbayar di Google atau platform lainnya.

iklan google
Jika kamu dapat membuat website sendiri, kenapa harus tetap menggunakan jasa pembuatan website profesional?

Anda juga bisa memasang iklan Google seperti itu. Lihat jasa iklan Google kami (klik)

Membuat website banyak hal harus diperhatikan.

Lihat contoh kasus nyata yang sudah ada agar kita bisa membuka wawasan kita:

  1. Bocornya data pelanggan marketplace besar. Marketplace besar adalah contoh pemanfaatan website. Mereka memiliki dana besar dan pekerja handal. Tetapi kebocoran data masih bisa terjadi padahal mereka membuat kode web tertutup (source code penuh tidak dipublikasihkan sehingga tidak semua orang bisa mempelajari atau mencari celah).
    isu bukalapak bocor

    tokopedia bocor

    Untuk pengusaha besar menengah, WordPress menjadi banyak pilihan karena kemudahannya. WordPress juga menjadi pilihan paling banyak saat ini secara umum.

    Tetapi dibalik itu, Website yang dibangun dengan sumber terbuka seperti ini lebih rentan karena semua kode dan lainnya dapat dilihat siapapun dan dipelajari termasuk untuk mencari sebuah celah keamanan. Anda perlu seseorang untuk membantumengamankan website Anda.
  2. Serangan ransomware untuk menyandra website dan database dan meminta tebusan juga banyak terjadi. Anda perlu waspada ini. Cek contoh kasus:
    ransomware database, mysql ransomware database, mongodb ransomware database
  3. Kasus wipe website masal yang dibangun dengan WordPress hanya karena ada celah beberapa baris kode pada salah satu plugin yang dimanfaatkan pihak berkepentingan. Banyak orang telah mengalami semua artikel dan produk mereka hilang serta pengaturan web yang kembali seperti awal. Ini sangat mengkuatirkan. Silahkan cek contoh kasus nyata terkait ini disini (klik)
  4. Website yang tiba-tiba terlihat di search engine menjadi tulisan jepang seperti mempromosikan sesuatu. Naasnya lagi mereka mengindek ribuan link di search engine langsung dari website Anda. Pelanggan akan membuat tidak percaya lagi kepada situs atau usahamu, hati-hatilah. Cek kasusnyata Japanese Keyword Hack (klik)
  5. Situs ditandai berbahaya oleh browser karena terinfeksi malware. Ini akan menghancurkan citra baik usaha. Contoh nyata yang pernah kami atasi (klik)
  6. Situs yang menampilkan iklan padahal seharusnya tidak ada (disisipi malware). Iklan yang ditampilkan juga sering kali menginfeksi pengunjung dan menampilkan iklan peringatan yang menakutkan.
  7. Ditolak iklan Google karena dideteksi malware. Cek kasus nyata yang pernah kami atasi (klik)
    cara atasi malware
  8. Situs tiba-tiba down atau ter-suspend karena cyptomining malware atau semacamnya. Cek kasus yang pernah kami atasi:
    suspend
  9. Situs yang diubah tampilannya oleh hacker ataupun cracker dan meminta tebusan atau menyampaikan pesan tertentu.
  10. Banyak situs dilengkapi anti malware. Sayangnya ini sering kali menambah berat situs karena bekerja terus menerus sehingga perlu sumber daya tambahan, juga sering kali masih mendapatkan serangan lain misal bad Query atau lainnya. Anti malware biasanya mendeteksi perubahan file inti atau file fisik di server kita. Selain itu biasanya mendeteksi kode yang di encode / enkrip. Tetapi bagaimana jika ada serangan yang dibuat dengan terbuka tetapi disisipkan disalah satu file bukan inti?. Ini mungkin lolos dari pantauan.
  11. Man in the middle di website tanpa SSL atau dengan SSL namun masih ada celah. Ini memungkinkan orang menangkap informasi (misal username dan password) saat seseorang mengakses dengan berbagai teknik.
  12. Adanya artikel atau pos tidak dikenal di website kita sendiri padahal tidak kamu buat sebelumnya. Banyak ditemui keluhan di forum semacam ini.
  13. Masih banyak contoh ancaman lain. Tidak jarang serangan ini tidak disadari pemilik web untuk waktu yang lama (menyadari setelah terjadi penurunan, komplen, atau semacamnya).

Sekali Anda terkena infeksi, kerugian besar menimpa Anda. Jika kamu belajar tentang testing atau pengujian perangkat lunak saat kuliah, mungkin kamu tau bahwa kerugian kerusakan, error, serangan yang terjadi setelah rilis akan jauh lebih tinggi dibadingkan biaya awal.

Ancaman tidak bisa ditiadakan 100% tetapi bisa di minimalisir

Semua ancaman diatas akan diatasi atau diminimalisir oleh jasa pembuatan website professional full support. Kamu dapat menghemat biaya meski tidak memiliki banyak staff ahli untuk keamanan website. Kamu juga akan lebih nyaman dan tidak perlu berpikir keras saat ada kendala.

Tapi perlu kamu ingat bahwa tidak semua jasa pembuatan website menyediakan atau memiliki skill mumpuni

Banyak juga ditemukan jasa pembuatan website yang mereka sendiri masih dalam tahap belum siap atau tanpa skill memadai.

Contoh: Menggunakan template atau plugin dari internet, tetapi saat terinfeksi tidak dapat mengatasinya hingga berlarut-larut.

Jika Anda tidak beruntung mengalaminya, maka sama saja dengan membuang uangmu sia-sia. Anda juga berpotensi tidak dipercaya pengunjung atau pelanggan kembali. Biasanya harga jasa pembuatan website yang ditawarkan mereka sangat tidak masuk akal bahkan hanya ratusan ribu untuk janji yang terlalu besar.

Banyak juga jasa pembuatan website yang tidak terbuka dan menjelaskan spesifikasi hosting dengan baik sehingga semua hosting dianggap sama oleh calon konsumen. Spek rendah membuat situs mudah down dan tidak mampu menangani banyak permintaan pelanggan bersamaan (potensi banyak keluhan) dan ujung-ujungnya Anda harus upgrade dengan biaya tambahan (keluar 2x biaya).

Banyak juga kita temui jasa pembuatan website yang penting jadi tanpa dukungan handal sepanjang web aktif atau selama layanan ada (lifetime support).

Banyak orang terjebak pada harga dan janji manis. Kelemahan banyak orang adalah mudah tergiur harga murah tetapi janji kualitas kelas atas (sulit diwujudkan dalam kenyataan).

Ada juga yang tergiur janji manis jaminan nomor 1 di Google (padahal Google sendiri memberitahu tidak ada satupun yang dapat menjamin #1 Google). Google bahkan meminta Anda berhati-hati jika menemukan jasa yang berani menjamin seperti ini. Kecurangan apapun selalu tidak bertahan lama (kecuali hanya sebuah bahasa marketing belaka yang menyatakan permanen). cek disini [Halaman resmi sumber]

Aturan Google agar website tampil saat pencari mengetik queri, keywords, atau keyphrase juga sering diperbarui. Website kita juga harus (SEO) mengikuti perkembangan. Sukses saat ini belum tentu lusa sehingga harus terus mengikuti perkembangan yang terus meningkat.

Semua ini dapat diatasi saat menggunakan jasa pembuatan website professional tepercaya. Anda dapat memperoleh semua kemudahan itu secara gratis atau dengan biaya tambahan.

Selain itu teknologi juga terus berkembang. Jika tidak mengikuti maka kamu sangat rentan akan kejahatan dan tidak dapat bersaing. Diperbarui saja masih ada kemungkinan terserang kejahatan online, tetapi tidak memperbarui jauh lebih rentan.

Kebanyakan orang kesulitan memperbarui situs mereka (banyak juga kasus system ataupun CMS yang dibuat tidak dikembangkan Kembali dan akhirnya pengguna mereka menjadi korban).

Semua itu juga dapat diatasi dengan jasa pembuatan website full support seperti layanan kami= CLEOVA.

Jika artikel ini gagal membuka wawasanmu, maka penulis tidak habis pikir kenapa bisa seperti demikian. Tetapi sebagai penulis artikel ini, penulis akan berusaha membuat tulisan-tulisan yang dapat memberitahu seseorang akan sesuatu yang benar sehingga kita semua dapat sukses bersama, mengetahui lebih banyak hal, atau minimal ilmu kita.

jasa pembuatan website terbaik, jasa web, jasa website, jasa website terbaik, jasa website full support, jasa pembuatan website, jasa pembuatan website full support

DICKY IBROHIM

Saya adalah wisudawan terbaik Fakultas Ilmu Komputer pada wisuda ke 67 dari Universitas Swasta terkemuka di Jawa Tengah UDINUS. Saya berharap dapat berbagi banyak hal disini.

Oh ya, Jika Anda ingin memiliki website untuk tingkatkan reputasi bisnis dan penjualan, klik: Jasa pembuatan website full support atau jasa website