DICKY IBROHIM
Jasa Pembuatan Website SEO Expert

Panduan Step By Step Tugas Akhir (TA) di UDINUS Semarang

Panduan cepat mengurus Tugas Akhir hingga Wisuda step by Step [Dijamin tidak perlu bolak-balik]

GAK MAU BOLAK-BALIK SAAT NGURUS TA 1 dan TA2 serta ngurus berkasnya?. Khusus TI berdasarkan pengalaman pribadi.

Cara ini bikin semua cepat dan tepat. Saya buatkan langkah-langkah urut dari TA1 sampai posisi menunggu Daftar Wisuda. Ini Saya buat karena jika mengandalkan yang ada, Pasti kamu akan capek bolak balik print karena ada yang kurang.
 
Cukup memahami ini, dijamin TIDAK PERLU BOLAK-BALIK entah karena lupa print atau berkas kurang.

Tips untuk Mahasiswa agar tidak tertinggal informasi:

  • Baca panduan asli. Tulisan ini hanya untuk yang ingin mengetahui keseluruhan sesuai yang saya alami sendiri.
  • Carilah dosen pembimbing yang: 1. Tidak gaptek (Pastikan memiliki WhatsApp dan responsive di jam kerja), 2. Hindari dosen super sibuk (hanya ada di kampus di hari tertentu), 3. Pilih dosen yang kenal dan up to date.
  • Agar Kamu tidak  tertinggal informasi penting, pastikan setiap ada pengarahan datang. Jangan lupa join group facebook yang dibuat oleh koordinator dan teamnya. Join: GROUP FB. (Untuk join, minta Dosen pembimbingmu ACC masuk group).
  • Jangan lupa mencatat nomor WhatsApp dosen pembimbing dan koordinator TA saat itu.
  • Berkala ke perpustakaan untuk melihat Kode Turn it In (Cek plagiasi). Panduan mengecek plagiasi terbaik yang paling mudah di pahami, lihat di Video panduan Turn it In, atau panduan tertulis step by Step Cek plagirisme di Turn it In
  • Baca panduan TA terbaru yang di share di group (cara penulisan,dll). Untuk membuat sitasi dengan cepat, silahkan ikuti Video panduan yang telah saya buat khusus untukMu: Membuat Sitasi cepat dengan Mendeley.

Panduan ini mengasumsi bahwa kamu sudah membaca dan memenuhi kriteria Tugas Akhir.

Mengurus TA 1 di UDINUS dengan cepat:

Untuk melengkapi berkas hingga Ujian Sidang Tugas Akhir 1 atau TA 1 sangat mudah di UDINUS. Namun karena informasi yang tidak sistematis dalam 1 panduan menyebabkan kebanyakan mahasiswa harus berkali-kali mengeprint, minta tanda tangan, atau yang lainnya. Jangan kuatir!, mulai sekarang, dengan panduan ini itu tidak akan terjadi. Sudah di Uji coba ke beberapa teman dan hanya dengan panduan ini, mereka melengkapi dengan lebih cepat.

TA 1 UDINUS
Alur TA 1 Panduan TA 2019
  • Sebelum isi KRS TA 1, pastikan sudah janjian dengan dosen agar mau menjadi pembimbing Tugas Akhir mu.
  • Pastikan saat KRSan mengisi Tugas Akhir 1
  • Saat ada pengarahan, silahkan datang (Pengumuman biasanya di Website Udinus Students)
  • Menunggu Plotting Dosbing (Biasanya nama pembimbing akan muncul di SiADIN jika sudah terplotting). Cara melihat pembimbing di SiADIN: Masuk SiADIN => Tugas Akhir=> Pembimbing => Akan muncul data pembimbing
  • Lakukan bimbingan seperti biasanya (sesuai instruksi). Jangan lupa isi Bimbingan di SiADIN sesuai buku Bimbinganmu, cara mengisinya di: Masuk SiADIN => Tugas Akhir=> Bimbingan (Setiap perubahan langsung SIMPAN).
  • Cek TurnItIn (MAKSIMAL 25%). Jika BAB 1 hingga BAB 3 sudah di ACC, siap daftar Sidang TA-1.

  • Tips cerdas: Pastikan print semua berkas pada LANGKAH 1 HINGGA LANGKAH 6 dibawah ini secara bersamaan agar tidak bolak balik print.
  • Setelah diprint semua, Letakan semua di stopmap warna biru muda (Untuk Teknik Informatika S1) dan tulisi di Stopmapnya: NIM, NAMA, NAMA DOSBING dan No HP Mu.
  • Tinggal minta tanda tangan pihak terkait dan stempel TU, lalu kumpulkan.
  • LANGKAH 1 HINGGA LANGKAH 6 (Daftar Sidang TA1):
  1. Buku bimbingan foto copy dan hasil fotocopy harus di stempel TU. Hasilnya akan di kumpulkan bersama berkas yang lain.
  2. Cetak hasil Turn it In mu, pastikan dibawah 25%. Print bagian persenannya saja. Hasil print akan di kumpulkan bersama berkas yang lain.
  3. Saat jadwal Pendaftaran Sidang TA-1 dibuka, silahkan buka SiADIN dan daftarkan dirimu. Caranya: Masuk SiADIN => Tugas Akhir=> Ujian-TA1 => Isi semua bagian (jangan download dulu).
  4. Download Berkas PDF Bimbingan yang sudah menyatakan kesiapan Ujian di SiADIN: Masuk SiADIN => Tugas Akhir=> Bimbingan => Pastikan sudah terisi sesuai buku bimbingan (buku biru)=> Download => Print dan minta tanda tangan dosen pembimbing diarea kosong bagian bawah kertas.
  5. Download Berkas PDF Pengajuan di SiADIN: Masuk SiADIN => Tugas Akhir=> Pengajuan => Isi Pengajuan Judul TA=> Download berkas => Print dan minta tanda tangan dosen Pembimbing, dosen Wali, dan Tanda tanganMu.
  6. Download Berkas PDF Ujian-TA1 di SiADIN: Masuk SiADIN => Tugas Akhir=>Ujian-TA1 => Sudah kita isi di langkah ke-3=> tinggal “Download semua berkas” (tanda tangan dosen pembimbing jika ada permintaan tanda tangan dikertas).
  • (Tinggal nunggu Jadwal UjianMu keluar. Jika beruntung biasanya 1-2 hari setelah menyerahkan berkas). Biasanya Jadwal di umumkan di Group FB.

  • Setelah Jadwal SIDANG TA-1 di SiaDIN keluar (Segera lakukan LANGKAH 1 – LANGKAH 5 dibawah ini): Tips: Download semua berkas terlebih dulu, baru print bersamaan dengan manuskrip agar lebih cepat selesai tanpa bolak balik
  1. Setelah Jadwal SIDANG TA-1 di SiaDIN keluar, silahkan: Masuk SiADIN => Tugas Akhir=> Ujian-TA1 => Jadwal akan muncul di sini. Print “Download Berkas Pendaftaran Sidang Proposal.PDF” dan “Lembar Jadwal Ujian.PDF”.
  2. Cetak manuskrip Tugas mu (Kover hingga BAB 3) sebanyak 3x dan tidak perlu di jilid (Cukup Klip).
  3. Potong-potong Jadwal dan berikan 1 potong disetiap Manuskripmu.
  4. Manuskrip diberikan ke setiap dosen yang tertulis disana (Untuk mendapatkan nomor WA dosen terkait, silahkan ke TU jam kerja).
  5. Selamat, hanya perlu menunggu Sidang tiba (Siapkan PPT, biasanya maksimal 10 menit)
  6. Berikan “Berkas Pendaftaran Sidang Proposal” yang sudah kamu print (di langkah-1) ke penguji saat di UJI untuk diberi nilai.

Mengurus TA 2 di UDINUS dengan cepat:

Dipanduan selanjutnya, Kamu Saya anggap sudah di ACC BAB 4 hingga BAB 5 dan sudah cek TURNITIN (Maksimal 25%). (Di panduan 2019, laporan hingga BAB 5 saja untuk Teknik Informatika, Pada panduan versi sebelumnya hingga BAB 6 untuk RPLD).

BERKAS YANG HARUS ADA SAAT DAFTAR TA-2 KE TU:

Bagian ini merupakan pengenalan yang perlu kamu siapkan. Ada 10 hal disini yang harus kamu siapkan agar tidak bolak balik print:

  1. Buku Bimbingan ASLI (Di tanda tangani Pembimbing, termasuk halaman 1 dan halaman terakhir buku)
  2. Transkrip Nilai (Dari TU yang ditandatangani).
  3. Bukti Bebas Perpustakaan.Lihat cara mendapatkannya di langkah ke ketiga dibawah.
  4. Bukti Bebas Biaya Administrasi BIKU (Biaya Pendaftaran Sidang Rp 350.000,-). Lihat cara mendapatkannya di langkah ke empat di bawah.
  5. KRS Aktif Semester
  6. Fotocopy Sertifikat Seminar Nasional/ International
  7. Fotocopy Sertifikat Workshop (Tidak ada di daftar, tapi diminta saat mengajukan berkas)
  8. Fotocopy Sertifikat TOEFL (min.400)
  9. Turn it in max 25%
  10. Bukti Bimbingan “Dari SIADIN” (Di daftar lampiran tidak ada, namun kamu diminta saat pengecekan berkas di TU).

Mari cari tau langkah urut mendapatkannya untuk Sidang TA-2:

Langkah ini diberikan penomoran bentuk HATI.

  • Pertama, Download Berkas Bimbingan di SiADIN yang sudah diisi semua. Caranya: Masuk SIADIN =>TUGAS AKHIR=> Bimbingan=> isi semua sesuai buku bimbingan=> Download Berkas .PDF => Print dan minta tanda tangan dosen Pembimbing di area kosong bagian bawah kertas,

 


  • Kedua, Pada saat ada pengumuman Sidang TA 2 telah di buka (Biasanya saat mendekati UTS atau UAS), maka segera daftar di: Masuk SiADIN => Tugas Akhir => “Ujian TA-2“=> Isi semua bagian => Download “Berkas Pendaftaran Ujian”, isi PDF ini adalah PERSETUJUAN TUGAS AKHIR 2, Silahkan:

 

  • Print, lalu tanda tangani dan minta tanda tangan pembimbing.
  • Foto copy 1x Berkas persetujuan TA 2 (yang sudah di tanda tangani Pembimbing) untuk disertakan saat meminta SURAT BEBAS ADMINISTRASI nantinya.

  • Ke Tiga, MEMINTA SURAT BEBAS TANGGUNGAN PERPUSTAKAAN:
  • Pergi ke Perpustakaan, lalu minta Surat Bebas Tanggungan Perpustakaan (Diminta menunjukan Kartu Tanda Mahasiswa dan dikenakan biaya 3000 rupiah).
  • Pastikan Surat bebas Perpustakaan di foto copy sebanyak 1 lembar (untuk mendapatkan Surat bebas Administrasi nantinya di BIKU).

  • Ke Empat, MEMINTA SURAT BEBAS ADMINISTRASI TUGAS AKHIR 2:
  • Pergi ke Bank Jateng Gedung G untuk pembayaran Sidang TA 2 (Saya waktu itu 350.000 rupiah).
  • Setelah membayar, Pergi ke Biro keuangan Udinus yang ada di lantai 1 Gedung G (Bilang minta SURAT BEBAS ADMINISTRASI SIDANG TA 2). Kamu akan diminta melampirkan:
  1. Bukti Bayar (Asli),
  2. 1 foto copy Persetujuan TA-2 yang sudah ditanda tangani (langkah 2),
  3. 1 Foto copy Surat Bebas Tanggungan Perpustakaan (Sudah kamu lakukan pada langkah ke-3).
  4. Kamu akan mendapatkan SURAT BEBAS ADMINISTRASI

  • Minta tanda tangan ke Pembimbingmu pada bagian halaman 1 dan terakhir BUKU BIMBINGAN (Buku biru yang selalu kamu bawa untuk tanda tangan dosen pembimbing) .
  • Fotocopy Sertifikat Seminar dan Workshop
  • Minta Transkip ke TU
  • Print hasil Turn It In (yang menunjukan persentase)
  • Print KRS Aktif (Tidak perlu tanda tangan Dosen Wali)

Setelah semua lengkap, Taruh semua berkas di MAP BIRU (Teknik Informatika), Beri Judul TUGAS AKHIR 2, NAMA, NIM, DOSEN PEMBIMBING, NOMOR HP.

  • Kelima, Tunggu pengumuman Ujian Sidang TA-2

Siap-siap Sidang TA-2:

  1. Ketika Jadwal sudah keluar, silahkan langsung: Buka SiADIN => Tugas Akhir => Ujian TA-2. Download 3 Berkas PDF. (Berkas Pendaftaran Ujian.pdf, Jadwal ujian.pdf, berkas Ujian.pdf)
  2. Print Manuskrip (dari Kover hingga BAB 5, dan di klip tanpa jilid). Print 5x digunakan untuk= 1 Dosen Pembimbing, 1 Kamu, 3 Penguji.
  3. Print Jadwal Ujian (Jadwal ujian.pdf) yang ada di halaman ini juga (lalu Potong-potong) dan berikan masing-masing satu disetiap manuskrip.
  4. Berikan ke semua Penguji (Manuskrip + potongan Jadwal). Untuk mencari tau Kontak WA, silahkan ke TU.
  5. Pastikan siapkan PPT (Maksimal 10 menit presentasi).
  6. Tinggal menunggu waktu SIDANG TA-2 tiba.
  7. Bawa “Berkas Ujian.pdf” Saat Ujian TA-2. (1 kertas berisi nilai tidak dikembalikan saat selesai SIDANG TA-2).

REVISIAN TA-2:

  1. Lakukan revisi dan Print 1 Manuskrip hasil revisi
  2. Mintalah tanda tangan Pembimbing
  3. Mintalah tanda tangan semua penguji disemua bagian

 

Buat Jurnal + Verifikasi Abstrak:

  • Upload semua file TA 2 (Hasil Revisian) yang dipecah-pecah ke: SiADIN=> Tugas Akhir => Verifikasi Akhir (lihat detail pemecahan disini).
  • Lalu, ikuti panduan resmi (sudah sangat jelas): DI SINI

Buat Poster:

  • Buat poster sesuai petunjuk di: SiADIN=> Tugas Akhir => Poster
  • Tanda tangan dosen pembimbing

Perlengkapan Berkas setelah Sidang TA-2:

  1. Hard Kover TA-2 mu (Manuskripmu) minimal 1 atau tergantung pembimbing minta berapa.
  2. Bakar semua filemu ke CD sesuai panduan di BUKU PANDUAN TA 2019 terbaru. Jaga-jaga maka bakar 2 CD.
  3. Bawa Hardcover, CD (sesuai panduan), Bukti Revisi (sudah ditanda tangani lengkap), Verifikasi Poster (Yang sudah ditanda tangani).
  4. Kamu akan mendapatkan Berkas Penyerahan TA (CD tidak dikembalikan Koordinator TA)
  5. Bawa ke TU “Hardcover TA” dan “berkas yang diberikan Koordinator TA (langkah 4)”
  6. Kamu mendapatkan Stempel.
  7. Kamu akan diminta fotocopy “halaman PENGESAHAN DEWAN PENGUJI (yang ditanda tangani para penguji)” dan “halaman PERSETUJUAN SKRIPSI (yang sudah di stempel dan tanda tangan TU)“.
  8. Jika TA nilaimu adalah maksimal AB, maka Manuskrip Hardcover diserahkan ke TU dan dapat surat Bukti Penyerahan Tugas Akhir.
  9. Jika Nilai TA kamu adalah= A maka Manuskrip Hardcover diserahkan ke PERPUSTAKAAN (Harus yang distempel dan tanda tangan dekan (Langkah 9) + CD berisi: (BAB 1.pdf, BAB 2.pdf, BAB 3.pdf, BAB 4.pdf, BAB 5.pdf, JURNAL.PDF, Preview.pdf (Preview berisi dari halaman kover hingga Halaman Daftar Isi yang semua sudah di tanda tangani). Kamu akan mendapatkan setelah ini adalah Kertas BERITA PENYERAHAN TUGAS AKHIR KE PERPUSTAKAAN SEBAGAI SYARAT DAFTAR WISUDA.