DICKY IBROHIM
Jasa Pembuatan Website SEO Expert

Cara aman menggunakan VPN di Smartphone atau iPhone

Cara aman menggunakan VPN di Smartphone atau iPhone Paling AKURAT dan TERBUKTI

Cara aman menggunakan VPN di Smartphone atau iPhone Paling AKURAT dan TERBUKTI aman

Keamanan memang sudah menjadi harga yang sangat mahal di dunia Internet. Salah satu untuk menjaga privasi kita adalah dengan menggunakan VPN. Namun banyak juga VPN yang membawa dampak buruk bagi pengguna karena faktor X. Apa itu VPN?, silahkan banya di Wikipedia tentang VPN[1]

Bagaimana cara aman menggunakan VPN?

Pilih VPN GRATIS atau BERBAYAR dari penyedia terkemuka terpercaya

VPN ada yang gratis dan berbayar, secara logika VPN berbayar dari penyedia yang sudah dipercaya di dunia akan jauh lebih aman.

VPN yang berbayar jauh lebih aman terutama VPN yang memiliki komitmen LOG tidak disimpan, menggunakan Otentikasi server, menggunakan Otentikasi HMAC, dan memiliki Enkripsi yang sulit dipecahkan misal Advanced Encryption Standard. Saya pernah mengulas 1 VPN dengan komitmen seperti ini yaitu ExpressVPN[2] .

ExpressVPN,VPN dengan keamanan terbaik | ExpressVPN 2019 | Super cepat
ExpressVPN

Gambar dari screenshot www.expressvpn.com

Meski demikian, VPN gratis tidak semua berbahaya atau mencurigakan, misal: App VPN dari https://1.1.1.1 (Cloudflare). Aplikasi 1.1.1.1 meski gratis jangan di remehkan. Ketika anda aktifkan maka ada notifikasi “VPN actived, connected to 1.1.1.1…”. Dimana 1.1.1.1 merupakan DNS yang di klaim super cepat dari Cloudflare(perusahaan yang terkenal).

DNS 1.1.1.1

Image Source: What is 1.1.1.1? | Cloudflare

Saya menggunakan aplikasi dari https://1.1.1.1 di Smartphone karena perfoma naik menjadi lebih cepat saat searching selain untuk meningkatkan keamanan informasi pribadi.

Kedua aplikasi yang sudah saya ceritakan semua bisa digunakan untuk membuka situs terblokir bahkan situs dewasa sekalipun (saya selalu membuktikan dulu sebelum mengungkapkan ke orang lain) sehingga punya pegangan kuat.

Hindari download aplikasi VPN dari web di luar Playstore atau App store.

Kenapa?.

Karena Aplikasi [APK] bisa di modifikasi sehingga fungsinya berubah dari aslinya. Aplikasi dari Playstore dan Appstore lebih aman karena biasanya di cek dulu sebelum di publikasikan (Saya membuktikan sendiri saat upload aplikasi APK di marketplace tersebut kadang di tolak untuk alasan keamanan atau melanggar kebijakan mereka).

Hindari mengklik iklan yang menempel di App VPN gratis.

Kadang VPN (selain yang sudah saya tulis diatas) menyediakan VPN gratis dan mencari penghasilan dari iklan (misal Admob, atau iklan lainnya). Terkadang iklan disusupi Malware, silahkan baca artikel dari Sucuri (perusahaan seputar keamanan) berjudul: Injection of Unwanted Google AdSense Ads[3]

Hal diatas adalah hal paling mudah yang bisa anda lakukan untuk lebih aman ketika menggunakan VPN (khususnya di Android, linux, MAC, iOS, Windows).

Selama ini saya hanya mendapatkan keluhan bahwa VPN gratis itu lemot dan banyak iklan (dari mereka yang berkonsultasi di jasa konsultasi online gratis milik saya).

Biasanya, saya akan sarankan untuk menggunakan app dari https://1.1.1.1 (gratis, cepat, dari penyedia terkemuka terpercaya, nyaman, serta sudah saya uji pada diri sendiri di beberapa smartphone khususnya brand xiomi, oppo, vivo).

Disclaimer: Jika tulisan ini dijadikan referensi, mohon di cantumkan link ke sini agar pembaruan bisa terbaca juga. Saya sangat sedih jika di modifikasi dengan inti sama persis tapi dikemas seolah-olah dilakukan sendiri tanpa menyantumkan sumber (Buat saja link menjadi Nofollow jika anda takut link yang anda tulis menjadibacklink yang menguntungkan penulis asal). Link Nofollow saya rasa tidak akan mengganggu perfoma web atau blog anda. Percayalah 😀

Catatan Kaki

[1] Virtual private network – Wikipedia

[2] VPN dengan keamanan terbaik | ExpressVPN 2019 | Super cepat

[3] Injection of Unwanted Google AdSense Ads