DICKY IBROHIM
Jasa Pembuatan Website SEO Expert

Bagaimana cara cek kecepatan website?

Bagaimana cara cek kecepatan website akan kita bahas di tutorial kali ini. Jangan lupa setelah memahami panduan ini sebaiknya kita cek situs kita untuk memastikan kecepatan website kita saat dibuka.

Kenapa sih kita harus tau bagaimana cara cek kecepatan website?

Jadi, kecepatan website menjadi salah satu faktor website kita bersaing di penelusuran seperti Google dan Bing. Semakin cepat situs anda, semakin mudah naik halaman 1 jika kondisi lainnya juga terpenuhi.

Nah, sekarang kita tau pentingnya website dengan loading cepat. Sekarang kita cari tau apa saja yang dapat membuat lambat.

Berikut ini dapat mempengaruhi kecepatan website atau situs kita:

Terlalu banyak plugin

Meskipun plugin sangat penting agar website kita semakin interaktif, tetapi kebanyakan plugin dapat membuat website kita lebih lambat. Gunakan plugin seperlunya saja dapat membuat website lebih cepat.

Spesifikasi hosting atau server

Biasanya semakin mahal hosting yang anda sewa, maka semakin besar sumber daya yang disediakan sehingga dapat memuat situs anda lebih cepat. Bingung nyari hosting yang pas?, Baca Tips memilih server yang baik dan benar.

Tema terlalu komplek

Semakin komplek website, biasanya menambah waktu tunggu untuk memuat web.

Versi PHP dan Website jadul

Menggunakan versi PHP jadul selain rentan dari kejahatan online juga membuat kecepatan tidak meningkat. Pastikan situs anda cocok dulu sebelum upgrade versi PHP.

Belum optimal saat optimasi

Optimasi dapat berupa pengoptimalan cache dan skrip. Sebaiknya kamu rajin optimasi websitemu agar selalu cepat saat dibuka.

 

Bagaimana cara cek kecepatan website atau situs kita?

Kita bisa manfaatkan layanan gratis GTmetrix. layanan ini akan menunjukan seberapa lama waktu memuat website ketika pertama kali dibuka atau ketika dibuka kedua kalinya. 

Selain itu kita diberikan rekomendasi untuk meningkatkan kecepatan website kita juga.

Kita juga dapat melihat waktu antar skrip ketika website anda dibuka. Dengan fitur ini, membuat kita lebih mudah mengoptimalkannya

Yuk mulai belajar menggunakan GTmetrix:

Buka situs resmi GTmetrix: https://gtmetrix.com/

Silahkan klik SignUp

cara cek kecepatan website

Kemudian, isi data diri dan setujui kebijakan

Masukan alamat situs atau website yang ingin anda cek kecepatannya dan klik Analyze

cara cek kecepatan website di gtmetrix speed test

Kita lihat kecepatannya. Jika “Adiatas 95 artinya sudah cukup cepat (menurut CLEOVA)

Full loaded adalah total waktu untuk memuat website keseluruhan hingga benar-benar terbuka

Total page size adalah total ukuran besar file halaman anda

Request adalah jumlah permintaan yang diperlukan saat membuka website anda

cara cek kecepatan website di gtmetrix

Nah, setelah melihat hasil diatas, anda dapat mengoptimalkan lagi website anda, misal Total Page Size masih terlalu besar (maka perkecil atau kurangi gambar, optimalkan ukuran gambar, hindari pemutaran video youtube langsung di website, dan sebagainya).

 

Kita lihat dibagian PageSpeed dan Yslow

Kita dapat melihat bagaimana kecepatan setiap bagian web anda. Disini kita juga mendapatkan rekomendasi perbaikan agar website kita lebih cepat ketika dimuat.

 

cara cek kecepatan web

Kita juga dapat melihat Waterfall

Seperti namanya, kita diberi tau urutan waktu muat apapun diweb anda. Misal: Kita mengakses file jquery.js selama 523ms dengan ukuran file 32.3 KB dan statusnya bisa diakses dengan baik (200).

Setelah mengetahui waktu muat masing-masing, kita tinggal optimalkan atau pangkas bagian yang memerlukan waktu muat lebih lama.

Setelah cek kecepatan website dan melihat ini, anda akan lebih mudah mengoptimalkan website anda.

cek kecepatan situs

Nah, sekian cara mengecek kecepatan website kita dengan mudah dan gratis. Setelah mengetahui kecepatan website anda, apakah perlu optimasi lagi agar lebih cepat?. Lakukan saja. perlu bantuan?, Chat saja  CLEOVA.