Risiko tinggi dibalik penggunaan jasa website murah

Jasa pembuatan website telah merebak seiring meningkatnya kesadaran pebisnis akan besarnya potensi membawa bisnis mereka ke Internet. Internet memanjakan semua kalangan masyarakat lokal dan internasional.

Internet memungkinkan semua transaksi jual beli cukup dilakukan dengan ponsel atau komputer lain lebih aman dan cepat.

Perkembangan teknologi ini membuat perubahan perilaku masyarakat yang tadinya membeli dengan datang langsung, sekarang mereka dapat belanja kapan saja tanpa repot.

Peluang besar ini juga diikuti sebuah risiko besar untuk pebisnis jika salah dalam memilih jasa pembuatan website.

Tidak semua orang dapat membuat website dengan aman. Disinilah risiko besar itu muncul. Risiko yang dapat membuat kebangkrutan bahkan berujung tuntutan. Baca tulisan ini hingga tuntas untuk mengetahui lebih dalam.

Penyebab jualan di Internet lebih menguntungkan dan diminati

Sebelum masuk ke pembahasan inti, mari kita cari tahu alasan kenapa perubahan perilaku transaksi masyarakat ini sangat besar dan pesat. Perubahan itu telah banyak dibahas di berbagai penelitian. Beberapa faktor penyebabnya secara umum adalah:

  1. Membeli secara online di Internet menyebabkan tidak perlu datang langsung ke lokasi. Dampak positif paling mencolok untuk masyarakat adalah tidak perlu keluar biaya bahan bakar kendaraan untuk datang melihat produk, lebih mudah membandingkan harga dan barang, hemat tenaga, dan mudah dipesan dari mana saja termasuk dari rumah.
  2. Kesibukan bekerja hingga mengurus keluarga menjadi masalah utama saat ini. Dengan adanya website jual beli online, masalah ini teratasi. Masyarakat dapat membeli dari ponsel atau komputer mereka dari mana saja dan kapan saja.

    Saat bersantai, sesaat setelah pulang kerja, bahkan di sela-sela jam istirahat kerja, masyarakat dapat melihat, membandingkan, dan memesan barang. Mereka tidak perlu mengeluarkan banyak waktu untuk datang melihat barang cocok atau tidak.
  3. Pembayaran lebih mudah dengan transfer antar bank via ponsel, Indomaret, Alfamart, kartu kredit, PayPal, dan lainnya. Metode ini juga lebih aman dibandingkan cash. Bekas transaksi mudah dilacak memungkinkan pelaporan ke pihak berwajib dan bank lebih mudah dan cepat jika terdapat tindak penyimpangan.
  4. Untuk penjual atau pebisnis, website membuat produk mereka lebih tepat sasaran. Mereka yang membutuhkan barang yang kita jual, mereka juga yang mendapatkan tawaran kita saat itu juga di ponsel. Bayangkan orang mencari nama barang untuk dibeli, dan yang muncul adalah tawaran menarik Anda sesuai yang diinginkan.

    Ini banyak dirasakan meningkatkan omset keuntungan penjualan dengan sangat cepat.

Kenapa pebisnis perlu jasa pembuatan website?

Pebisnis seharusnya lebih fokus mengatur penjualan dan bukan masalah teknis yang akan banyak menyita waktu. Terlihat mudah dan aman tidak menjamin itu benar-benar mudah atau aman.

Ketika pebisnis membuat website, maka mereka akan menghabiskan banyak waktu memikirkan desain yang cocok untuk pasar. Anda perlu waktu sangat panjang untuk ini. Tidak percaya?. Coba pikirkan, kenapa ada jurusan peminatan seperti Desain Komunikasi Visual atau lainnya di perguruan tinggi jika semua orang mudah memahami dan mengambil keputusan. 

Hosting dan alamat website murah merebak dimana-mana dan menawarkan kemudahan dimata Anda mungkin sebuah jebakan batman. Anda harus belajar dengan spesifikasi hosting yang rinci.

Jika Anda mengandalkan penawaran hosting (tempat simpan website) yang terlihat manis, mungkin Anda mudah menyesal. Coba bayangkan hosting unlimited yang biasa orang awam artikan hosting tanpa batas. Tidak seperti bayangan Anda, hosting ini justru sangat terbatas dan tidak akan mampu memberi kepuasan Anda dalam banyak kondisi.

Hosting bertebaran dimana-mana, kenapa harganya berbeda-beda. Hosting ada yang mahal dan sangat murah padahal menunjukan penawaran yang sekilas sama, kenapa?. Anda mungkin sulit memahami ini. Perlu waktu untuk itu (bertanya ke sales, seharusnya Anda tahu jawaban mereka mungkin sangat semu tetapi nampak meyakinkan untuk Anda).

Situs Anda sendiri dirasa aman?. Mungkin Anda perlu pikirkan ulang ribuan kali. Banyak situs raksasa dikelola oleh tenaga ahli di bidangnya tertembus bahkan bocor. website akademi, website perusahaan, website toko online, website pemerintah, dan lainnya. Tidaklah Anda melihat berita-berita?.

 Banyak website terinfeksi malware atau tertembus keamanannya tetapi tidak diketahui pemilik website. Wow, sangat berbahaya kan?. Anda pebisnis tau dong ๐Ÿ˜€ . Cracker (pelaku penjebol keamanan lalu melakukan manipulasi) dapat melakukan perubahan skrip dan lainnya sehingga dapat menginfeksi ponsel atau komputer pengunjung bahkan hingga mencuri data pribadi mereka. 

Anda siap terkena tuntutan?. Belum lagi jika website Anda website toko online (menjual barang) atau perusahaan. Anda merupakan sasaran empuk. Biaya kerugian jauh lebih besar karena rusaknya reputasi hingga tuntutan. Anda perlu belajar keamanan. Coba pikirkan, kenapa di perguruan tinggi ada pembelajaran khusus tentang keamanan jika itu mudah.

Anda hanya mengandalkan anti malware atau fitur keamanan bawaan?. Anda mungkin belum merasakan betapa perihnya dan canggihnya mereka dalam menginfeksi.

Oh ya, sampai lupa. Meski website sekarang dapat dibangun tanpa kemampuan coding sekalipun, kemampuan ini sangat penting untuk keamanan, optimasi, dan kontrol. Anda perlu waktu 3.5-4 tahunan untuk belajar. Anda akan kehilangan fokus utama.

Bagaimana jika saya menyewa staf?

Anda perlu biaya bulanan. Dan Anda perlu menyeleksi sangat ketat. Perbagian harus menyewa staf berbeda (misal khusus pengecekan keamanan 24 jam non stop, khusus bagian koding agar kompatibel dengan pembaruan, staf khusus penanganan kendala yang dapat terjadi kapan saja secara tak terduga). Anda perlu banyak biaya yang mahal. Yang bagus gajinya mungkin puluhan juta perbulan.

Jika Anda sebagai pebisnis membuat website di jasa pembuatan website full support yang benar, Anda mungkin tidak perlu menyewa banyak staf dan membayar gaji lembur 24 jam setiap hari non stop.

Bagaimana cara memilih jasa pembuatan website?

Anda perlu menyeleksi jasa pembuatan website karena sekarang banyak orang baru bisa buat web saja membuka jasa. Bagaimana cara memilihnya?, mari baca tips ini:

  1. Pilih mereka yang belajar di bidang ini. Misal pilih lulusan perguruan tinggi dengan akreditasi yang baik misal A dan mengambil bidang Teknologi Informatika peminatan Rekayasa Perangkat Lunak Lanjutan.

    Pilihlah yang terbaik diantara mereka. Lulusan terbaik artinya memiliki dasar-dasar yang bagus, praktek yang handal, pemahaman yang benar. Banyak jasa pembuatan website membuat web berdasarkan demo bukan kebutuhan Anda. Ini artinya mereka tidak memahami proses pembangunan aplikasi dimana langkah pertama adalah analisis kebutuhan agar hasilnya maksimal.
    Wisudawan terbaik UDINUS

  2. Pilihlah mereka yang menghargai pelanggan mereka. Jika jasa pembuatan website memajang situs pelanggan mereka di portofolio, bukankah itu hak rahasia pelanggan yang harus dijaga?.ย  Pesaing dengan mudah meniru persis, mengetahui strategi keunggulan, dan termasuk dapat dengan mudah menyaingi Anda. Anda tentu akan diperlakukan sama.
  3. Jasa pembuatan website perseorangan, badan usaha, atau badan hukum tidak menjamin kualitas hasil akhir atau dukungan selama web aktif.

    Perbedaan yang mencolok adalah jasa dalam bentuk badan usaha (misal CV) atau badan hukum (misal PT), mereka memiliki kantor yang jelas dan harga yang secara umum lebih mahal.

    Biasanya jasa website di CV atau PT memiliki harga lebih tinggi meski tidak menjamin kualitas dan dukungan. Ini terjadi karena mereka perlu membiayai pajak, biaya listrik, biaya internet, biaya gaji dan uang lembur, biaya promosi, biasa sewa lokasi, dan sebagainya. CV atau PT dapat dibangun siapa saja bahkan bila mereka tidak memiliki pengalaman yang baik dibidang jasa website. Itu sebabnya ini tidak begitu menjamin Anda dalam hal ini.

    Berbeda dengan layanan pekerja bebas, mereka bekerja berdasarkan kontrak atau kesepakatan. Mereka tidak perlu biaya sewa lokasi, biaya listrik yang besar, biaya staff, dan sebagainya sehingga harga lebih murah. Meski demikian, tidak menjamin kualitas atau dukungannya lebih buruk dari layanan suatu CV atau PT. Anda perlu selektif memilih mereka agar tidak jatuh pada tangan yang salah.

    Anda mungkin saja melihat testimoni banyak diluar sana, tetapi Anda perlu tahu bahwa rating banyak juga yang menjual belikan.

    Anda mungkin juga melihat testimoni akun medsos yang banyak seperti mendukung, tetapi Anda perlu tahu bahwa banyak juga jual beli akun masal :D. Anda paham?, ya. Pasti paham karena Anda pebisnis cerdas.

  4. Carilah yang benar-benar menyediakan dukungan cepat, membantu saat ada kendala tanpa biaya tambahan selama web aktif, spek hosting jelas, fitur sesuai kebutuhan.
  5. Wajib cek situs layanan mereka. Cek dengan teliti kebijakan pengguna dan kebijakan privasi layanan itu. Kedua halaman ini wajib ada di halaman website resmi.
  6. Cek dengan menghubungi email resmi. Email resmi menggunakan @alamat_situs_mereka.tld dan wajib tercantum di halaman kontak. Misal: Jasa pembuatan website CLEOVA menggunakan email support@cleova.com. Pastikan balasan mereka tidak ditandai berbahaya, spam, atau peringatan oleh layanan email seperti GMAIL.. Selain itu, pastikan mendapat respon maksimal 2x 24 jam di jam kerja.
  7. Cek dengan chat nomor sosial media chat seperti WhatsApp yang tercantum di halaman kontak (wajib ada). Pastikan merespon dengan cepat danย  pastikan mendapat respon maksimal 2×24 jam di jam kerja.
  8. Cek pengunaan badges asli atau palsu di website mereka. Jika mereka menggunakan badges palsu, sebaiknya hindari. Lebih baik tidak ada ini dari pada ada namun tidak asli atau meragukan.

    Misal: Penggunaan badges Google Partner. Ketika asli, badges Google Partner seharusnya dapat menunjukan spesialisasinya mouse diarahkan ke titik tiga di badges (bukan gambar statis).
    Google Partner Badges
    Badges Google Partner asli, maka ketika badges di klik maka dialihkan ke halaman resmi dari google, misal: https://www.google.com/partners/agency?id=XXXXXXXX (XXXXXXXX merupakan ID unik mereka) dan menunjukan spesialisasi atas nama mereka/ layanan mereka sendiri.
    Google Partner Badges Asli

Apa risiko salah memilih jasa pembuatan website?

Banyak sekali yang harus Anda ketahui tentang risiko di balik jasa pembuatan website murah. Mari kita pelajari:

  1. Data perusahaan rentan disalahgunakan.

    Pernahkah Anda melihat jasa pembuatan website menawarkan domain CO.ID tanpa syarat?. Domain CO.ID adalah domain perusahaan yang ada di Indonesia. Untuk mendapatkan domain ini, Anda perlu memiliki SIUP/ TDP/ NPWP Perusahaan, surat kuasa, dan juga KTP pribadi penanggungjawab.

    Jika Anda mendapatkannya tanpa syarat, kemungkinan besar adalah hasil penyalahgunaan dokumen perusahaan lain atau cara lain yang tidak sepatutnya.

    Risiko sangat tinggi bagi perusahaan yang disalahgunakan dokumennya dan juga risiko bagi pengguna domain CO.ID tanpa syarat. Risiko seperti dianggap penipuan, menerima tuntutan hukum, dokumen Anda disalahgunakan, dan lainnya.

    domain co.id tanpa syarat, SENSOR

    Selain contoh diatas, mungkin Anda menemukan  domain .SCH.ID,  AC.ID atau lainnya yang dijual bebas sebagai bentuk penyimpangan. Hati-hati ya, alih-alih nampak keren, malah buntung di akhir ๐Ÿ˜€
    Jual sch.id aktif tanpa syarat
  2. Rahasia perusahaan/ bisnis kita bocor.
    Jasa pembuatan website memiliki akses tak terbatas bahkan jika mereka mengatakan tidak dapat mengakses web Anda tanpa izin. Mereka dapat mempelajari database, masuk ke website Anda kapan saja, dan lainnya. Rahasia bisnis adalah aset Anda. Jika bocor?. Anda tahu jawabannya.

    Jika situs Anda sukses,jasa website yang menyimpang kapan saja dapat dinaikan harga dan jika Anda tidak mau membayar, maka website Anda dapat dijual ulang ke pesaing Anda dan bukan dimusnahkan. Ini alasan penting untuk mempelajari kebijakan privasi dan pengguna yang ditulis langsung di website layanan (dapat diakses siapa saja secara bebas). Naasnya, kedua halaman penting ini sering dilewatkan!.
  1. Keamanan website tidak jelas sehingga malware dan cracker dapat lebih mudah menyerang.

    Meskipun Anda merasa aman-aman saja atau dijanjikan aman, faktanya banyak website terinfeksi atau diserang dan pemiliknya tidak tahu.

    Biasanya diketahui ketika dianggap situs phising oleh Google, ditolak memasang iklan Google atau lainnya, di blacklist sehingga tidak dapat dibuka siapapun, ditandai tidak aman atau situs penipuan, data rahasia pelanggan atau perusahaan bocor, data disandera Ransomware, website dibajak dan ditempel iklan memaksa, situs Anda menginfeksi ponsel atau komputer lain milik pengunjung, situs kembali seperti dari 0, dll.

    Anti malware tidaklah cukup dan jasa perbaikan website juga tidak gratis. Hari ini aman, besok belum tentu apalagi jika website menggunakan sumber terbuka seperti WordPress atau lainnya. Banyak kerentanan dapat muncul dan mengancam.

    Contoh kasus website perusahaan PT ditolak iklan karena website mengandung malware (kami tangani pada jasa perbaikan website dan berhasil):
    Di Tolak Iklan Google Ads karena malware, Campaign removed Disapproved: Malicious or unwanted software

    Bayangkan jika domain utama suatu kampus ditandai Google seperti ini saat dibuka, tentu akan menyayat kepercayaan mahasiswa, masyarakat, tim peninjau, dosen, bahkan rektor:
    AC.ID DIDETEKSI PENIPUAN SENSOR
  2. Rentan error atau mengalami kendala.
    Hari ini tidak error, mungkin besok terdapat error tak terduga. Hal seperti ini sering kali terjadi bahkan jika Anda tidak melakukan perubahan apapun sebelumnya. Beberapa hal seperti update otomatis, perubahan kebijakan, serangan malware (kode jahat), serangan cracker, atau perubahan performa dari provider yang digunakan juga dapat menjadi penyebabnya.

    Anda akan banyak kehilangan waktu atau uang jika ini terjadi. Ingat, peluang terjadi hal semacam ini adalah sangat besar. Website Anda juga pasti terkena dampaknya. Gunakanlah jasa pembuatan website full support seperti kami untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan seperti diatas.
  3. Tidak sesuai fakta dan tidak sesuai yang ditawarkan.
    Anda mungkin ditawarkan hosting dengan ruang simpan unlimited (orang awam pikir tanpa batas), VPS, atau Cloud Hosting dengan space tertentu misal 1GB, 2GB, dan seterusnya.

    Alih-alih tergiur kata unlimited yang Anda anggap โ€œtanpa batasโ€ dan harganya jauh lebih murah,  faktanya hosting unlimited tersebut justru memiliki batasan sangat ketat. Selain itu hosting unlimited biasanya memiliki performa tidak sebagus layanan dengan ruang simpan disebut jelas seperti cloud hosting, VPS, atau dedicated server.

    Alih-alih harga dan spek terlihat lebih murah dan tampak lebih bagus dimata Anda (awam), faktanya batasan lain tidak ditunjukan dan batasan lainnya itu sangat kecil.

    Alih-alih komplen, mungkin Anda diminta upgrade ๐Ÿ˜€ . Keluar uang lagi deh ๐Ÿ˜€
  4. Biaya tambahan setelah website berjalan sekian waktu dan keluhan tidak teratasi dengan baik.

    Meski banyak jasa pembuatan website mengklaim full support selamanya, tetapi faktanya banyak yang berbeda. Anda mungkin baru merasakan hal ini setelah 2 bulan, 3 bulan, 1 tahun selanjutnya, dan seterusnya.  Jika benar-benar full support, maka setiap kendala yang Anda alami akan dibantu tanpa biaya dan penanganan sama cepatnya.

    Selain full support untuk penanganan kendala gratis, perawatan hosting atau server, pembaruan script seharusnya juga tidak perlu biaya tambahan kecuali terdapat kebijakan tertentu yang Anda setujui sebelumnya.
  5. Website tidak sesuai kebutuhan sehingga hasil tidak maksimal

    Banyaknya pebisnis yang ingin membuat website menjadi peluang baru banyak orang terutama jasa pembuatan website itu sendiri. Sayangnya, orang-orang yang tidak memiliki dasar dibidang ini juga tertarik bahkan baru belajar pertama pun berani membuka jasa. Biasanya, harga yang ditawarkan sangat murah sesuai dengan risiko besar yang mengancam Anda.

    Selayaknya sebagai pebisnis, Anda seharusnya selektif serta paham bahwa harga dan kualitas selalu sejajar atau berbanding lurus. Orang awam biasanya terperangkap karena harga yang menggiurkan dan janji manis. Tapi kami yakin, Anda tidak ๐Ÿ˜€

    Jika Anda membuat berdasarkan demo atau meniru pesaing yang pernah dibuat di layanan jasa pembuatan website tersebut, Anda mungkin lupa bahwa setiap bisnis bahkan jika produk yang dijual sama tetaplah memiliki kebutuhan berbeda.

    Anda pasti akan diperlakukan sama (Anda membayar agar dilayani namun Anda juga dipajang dan ditiru pesaing Anda sendiri nantinya). Selain kehilangan ciri khas, Anda dapat sulit bersaing.
  6. Seringkali tidak dapat menangani kebutuhan komplek

    Tak jarang, penyedia jasa website hanya mengandalkan tema dari pengembang lain dan tidak disertai kemampuan modifikasi (mengubah, menambah, mengurangi). Ini menyebabkan apa yang dibuat tidak sesuai kebutuhan, bahkan banyak mengandung hal tidak diperlukan (bloatware). Selain merugikan pengeluaran sumber daya server, ini membuat Anda kesulitan berkembang menyesuaikan perkembangan teknologi dan lebih rentan dari kejahatan online.
  7. Optimasi kecepatan website tidak optimal.
    Sebelum Anda menggunakan jasa, kami sarankan Anda mengecek halaman depan penyedia jasa itu dan beberapa halaman artikel (mengandung banyak gambar) untuk dicek. Jika mereka memiliki performa bagus, artinya mungkin saja mereka dapat membantu optimasi situs Anda nantinya. Jika mereka saja tidak mampu, maka Anda pasti cerdas :D. Mereka menjanjikan apa yang bahkan mereka sendiri tidak dapat capai.

    Cara cek mudah, buka: https://web.dev/measure/ ==> Tempelkan alamat website halaman depan, dan salah satu artikel yang ada gambarnya 10-20 gambar (semakin sedikit semakin mudah mendapatkan score tinggi).
    Jika dilakukan dengan baik, seharusnya nilainya hijau semua, misal:

    Web dev halaman depan
    Web dev artikel dengan gambar yang banyak
  8. Kebangkrutan dan tuntutan karena bocornya informasi pelanggan atau penyimpangan.
    Jika Anda menggunakan jasa website dimana mereka melakukan penyimpangan untuk memperoleh harga server, maka Anda memiliki risiko sangat tinggi kedepan.

    Jika terjadi kebocoran data sengaja atau tidak, penggunaan dokumen hasil penyimpangan (misal domain co.id tanpa syarat), maka Anda juga berpotensi terkena tuntutan hukum dan mengeluarkan banyak biaya.

    Jika jasa website menggunakan kode atau lainnya secara ilegal ataupun terinfeksi, maka kebangkrutan diujung mata karena hancurnya reputasi dimata pengunjung (misal saat diakses ditandai situs penipuan oleh Google atau dialihkan ke situs penipuan oleh malware).

    Semua hal diatas juga menghambat promosi termasuk menghambat omset keuntungan Anda dan berpotensi rugi.

Tak ingin mengambil risiko besar yang sangat menakutkan ini?.

Cobalah layanan jasa pembuatan website CLEOVA. Layanan dikelola Wisudawan terbaik sefakultas Ilmu Komputer (dengan peminatan Teknik Informatika, rekayasa perangkat lunak).

Jasa pembuatan website kami memiliki pengalaman kuat, dukungan handal, penggunaan website super simpel dan mudah dipahami untuk orang awam. Jasa pembuatan website kami memungkinkan Anda tidak perlu melakukan apapun yang sulit dan lama jika terjadi kendala (Kami akan membantu memperbaiki cuma-cuma).